oleh

Unik, 7 Pulau di Indonesia Ini ‘Dikuasai’ Hewan Liar

Destinasi liburan yang menghibur sekaligus menantang

Bagaimana rasanya liburan ke pulau yang sepi manusia namun malah dikuasai binatang? Pastinya akan seru, menantang, sekaligus menghibur. Nah, berikut pulau-pulau di Indonesia yang menjadi markas besar binatang, termasuk hewan buas.

1. Pulau Komodo

Unik, 7 Pulau di Indonesia Ini 'Dikuasai' Hewan Liar

Pulau Komodo adalah salah satu pulau paling terkenal dari Indonesia. Terletak di Nusa Tenggara Timur, Pulau Komodo menjadi habitat bagi ribuan ekor komodo, hewan dari zaman purba yang masih tersisa di planet ini.

Merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO, Pulau Komodo telah menjadi destinasi favorit banyak wisatawan. Meski begitu, aktivitas wisata di tempat ini kabarnya akan ditutup sementara pada Januari 2020 untuk meningkatkan dan menjaga populasi komodo.

2. Pulau Ular

Unik, 7 Pulau di Indonesia Ini 'Dikuasai' Hewan Liar.

Tidak hanya Brazil yang memiliki Ilha de Queimada Grande sebagai pulaunya para ular, Indonesia juga punya pulau serupa yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di kawasan Bima.

Namun, berbeda dengan Pulau Ular di Brazil, kawanan binatang melata di tempat ini tergolong lebih jinak. Turis diperbolehkan memegang, bahkan melilitkan ular di tubuhnya. Namun, ular-ular di sini dilarang keras untuk dibawa pulang.

3. Pulau Biawak

Unik, 7 Pulau di Indonesia Ini 'Dikuasai' Hewan Liar

Seperti namanya, pulau ini memang dihuni kawanan biawak, yang konon jumlahnya mencapai ratusan ekor. Pulau Biawak sendiri berada sekitar 25 mil dari Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Ratusan biawak biasanya menampakkan diri saat matahari mulai terbenam. Mereka berlarian ke tepi pantai untuk mencari makan. Sementara, hutan bakau yang hijau menjadi habitat binatang reptil tersebut.

4. Pulau Kalong

Unik, 7 Pulau di Indonesia Ini 'Dikuasai' Hewan Liar

Ini bukan pulau yang berada di Wediombo, Jogja, melainkan di Nusa Tenggara Timur. Masih terletak di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, seperti namanya, tempat ini memang menjadi habitat ratusan ekor kalong, binatang sejenis kelelawar.

Pilihan Redaksi  8 Pantai dengan Pasir Putih Paling Indah Indonesia, Pernah ke Sini?

Banyak turis yang berkunjung ke pulau ini dengan tujuan memburu senja. Perpaduan matahari tenggelam yang menawan di ufuk barat plus kawanan kalong yang mulai keluar sarang mencari makan adalah atraksi yang sayang untuk dilewatkan.

5. Pulau Kembang

Unik, 7 Pulau di Indonesia Ini 'Dikuasai' Hewan Liar

Jangan tertipu oleh nama pulau ini. Pasalnya, meski bernama Pulau Kembang, bukan bunga yang menjadi keunikan daerah ini. Sebaliknya, Pulau Kembang adalah kawasan yang dikuasaioleh kelompok monyet ekor panjang.

Pulau ini sendiri berlokasi di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Sudah ditetapkan sebagai hutan wisata, pulau ini dapat kamu sambangi dengan menggunakan perahu selama 15 menit dari dermaga terdekat.

6. Pulau Dea-dea

Unik, 7 Pulau di Indonesia Ini 'Dikuasai' Hewan Liar

Kalo kamu merupakan salah satu penggemar kucing, kamu wajib berkunjung ke pulau ini. Pasalnya, Pulau Dea-dea merupakan surganya para pencinta kucing saking banyaknya hewan tersebut di tempat ini.

Terletak di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, di pulau ini terdapat ratusan ekor kucing dari berbagai jenis. Kucing berkembang biak dengan pesat di tempat ini sejak puluhan tahun yang lalu karena lingkungan pulau yang masih asri dan bersih.

7. Pulau Kucing

Unik, 7 Pulau di Indonesia Ini 'Dikuasai' Hewan Liar

Pulau lainnya yang menjadi markas besar kawanan kucing berada di Maluku Utara. Pulau ini dinamakan demikian karena menjadi tempat pembuangan kucing liar oleh penduduk yang tinggal di Sanana, Kecamatan Kepulauan Sula.

Awalnya hanya beberapa ekor kucing-kucing liar yang dibuang di sini kemudian bertambah menjadi puluhan. Lalu, kucing-kucing tersebut membentuk sebuah koloni dan menguasai pulau.

Saat ini, kawasan Pulau Kucing telah bertransformasi menjadi salah satu objek wisata di Maluku Utara. Dikelola secara swadaya, Pulau Kucing didukung berbagai fasilitas, termasuk gazebo di pinggir pantai dan karaoke.

Pilihan Redaksi  7 Objek Wisata di Banyuwangi yang Keindahannya Bikin Kamu Kagum!

Itulah beberapa pulau unik di Indonesia yang dikuasai oleh kucing. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed