oleh

Tips Melakukan Peregangan yang Benar agar Memperoleh Manfaat Untuk Tubuh

Bolabasket.net – Yoga adalah olahraga populer yang bisa memberikan banyak manfaat. Ada yang memanfaatkan Yoga untuk melangsingkan tubuh, untuk memperindah payudara, bahkan ada juga yang memanfaatkannya untuk memulai sebuah hari yang penuh dengan semangat. Namun di samping Yoga, masih ada banyak jenis olahraga yang bisa dipilih. Mulai dari senam, jogging, jalan santai, bersepeda, berenang, hingga angkat beban. Terlepas dari apapun jenis olahraga yang kita favoritkan, kita selalu diminta untuk melakukan peregangan (stretching) sebelum dan setelah olahraga oleh para ahli.

Peregangan/stretching

Tips Melakukan Peregangan yang Benar agar Memperoleh Manfaat Untuk Tubuh

Apa sebenarnya manfaat peregangan? Kapan sebaiknya dilakukan, apakah sebelum berolahraga atau setelahnya? Berapa lama sebaiknya stretching dilakukan? Jawaban berbagai pertanyaan tersebut akan anda temukan pada artikel di bawah ini. Disini kami akan mencoba membahas cara melakukan peregangan yang benar agar anda bisa memperoleh manfaatnya.

Saat tepat melakukan peregangan

Pada dasarnya, peregangan bisa dilakukan kapanpun anda mau. Anda bisa melakukannya sesaat setelah bangun tidur, sebelum beraktivitas atau berolahraga, setelah berolahraga, dan bisa juga dilakukan sebelum tidur.

A. Melakukan peregangan sebelum berolahraga

Sebelum melakukan peregangan yang Intens untuk melemaskan dan menarik otot agar memanjang, Anda disarankan untuk melakukan pemanasan (pegangan) yang lembut dengan gerakan-gerakan yang dilakukan secara perlahan dan terkendali selama kurang lebih 5 menit. Kemudian lanjutkan dengan pemanasan yang lebih intens dan spesifik sebelum memasuki latihan inti. Tujuannya adalah untuk melenturkan otot-otot yang tegang, yang berpotensi menyebabkan cedera.

Peregangan yang dilakukan sebelum berolahraga sebaiknya dilakukan secara perlahan dengan menggerakkan satu persatu sendi-sendi di tubuh mulai dari yang paling bawah hingga ke paling atas. Beberapa gerakan yang bisa dilakukan untuk meregangkan tubuh di antaranya adalah, memutar menekuk menarik dan mendorong. Setiap gerakan sebaiknya dilakukan selama 10-30 detik. Atau, bisa juga dilakukan lebih lama sampai Anda merasa otot-otot mengendur.

Pilihan Redaksi  Gerakan Yoga untuk Membuka Pinggul dan Hamstring yang Sempit

Gerakan memutar dan menekuk persendian makan memicu keluarnya pelumas alami tubuh yang akan melindungi permukaan tulang dan sendi-sendi. Jadi, melihat manfaatnya tersebut, wajar apabila pemanasan atau peregangan sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum berolahraga.

B. Peregangan setelah berolahraga atau beraktivitas

Peregangan yang dilakukan setelah berolahraga bermanfaat untuk menghangatkan dan melenturkan otot-otot yang tadinya tegang serta kaku akibat melakukan berbagai gerakan selama berolahraga. Proses peregangan yang dilakukan setelah berolahraga sering disebut dengan istilah “pendinginan.” Istilah ini sering digunakan untuk menunjukkan proses penurunan intensitas olahraga sebelum kita benar-benar berhenti agar otot tidak kaget.

Pentingnya melakukan peregangan dan manfaatnya

Tips Melakukan Peregangan yang Benar agar Memperoleh Manfaat Untuk Tubuh

Melakukan peregangan sebenarnya tidak sulit. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya pun tidak terlalu banyak. Namun nyatanya, banyak orang melewatkan bagian ini dan langsung masuk ke inti latihan. Padahal, langsung memaksakan otot untuk melakukan gerakan-gerakan yang cepat atau langsung memberikannya beban yang berat ketika otot masih dalam keadaan dingin dan kaku, bisa sangat berbahaya. Hal tersebut dapat menyebabkan cedera tendon. Selain manfaat tersebut, berikut adalah beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan jika mau melakukan perdagangan sebelum berolahraga.

  • Stretching akan membuat tubuh bergerak lebih efisien. Ketika tubuh mulai letih, otot akan memendek. Hal tersebut menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan untuk menghasilkan kekuatan maupun kecepatan Sehingga olahraga yang kita lakukan akan mengalami penurunan intensitas. Jika ingin mempertahankan intensitas selama berolahraga, maka anda wajib melakukan stretching agar otot lebih hangat dan lebih panjang sehingga elastisitas maupun fleksibilitas tubuh jadi lebih baik.
  • Mengurangi risiko cedera. Seperti yang telah diungkapkan di atas, jika dilakukan dengan baik dan benar, stretching dapat mencegah timbulnya cedera.
  • Menguatkan tubuh. Menurut penelitian, membiasakan diri melakukan perdagangan setelah berolahraga bisa membantu meningkatkan kekuatan tubuh hingga 20%.
Pilihan Redaksi  5 Pose Yoga untuk Seorang Pemula

Cara melakukan peregangan yang benar agar bermanfaat

  • Mulailah dari bagian tubuh yang paling bawah. Memang tidak ada aturan yang baku mengenai tubuh Bagian mana yang harus didahulukan. Akan tetapi, memulai dari kaki kemudian meningkat ke bagian tubuh yang lebih tinggi pakan membuat kita lebih mudah dalam mengingat bagian-bagian tubuh mana sajakah yang sudah diregangkan.
  • Jangan meregangkan tubuh sampai terasa sakit. Ketika kita melakukan peregangan, perasaan tidak nyaman pasti akan kita rasakan. Akan tetapi, jika proses perdagangan yang anda lakukan menyebabkan rasa sakit atau nyeri itu artinya peregangan yang Anda lakukan salah. Segera hentikan atau kurangi tekanannya.
  • Jangan langsung melakukan gerakan melompat. Langsung melakukan perdagangan yang Intens seperti melompat dapat menyebabkan otot berkontraksi, alih-alih meregang. Akibatnya, otot bisa mengalami sobekan-sobekan kecil.
  • Perhatikan Kapan anda harus menghirup dan mengeluarkan napas. Oksigen sangat dibutuhkan oleh otot untuk merespon setiap gerakan peregangan. Cara bernafas yang benar ketika melakukan peregangan adalah: pada saat tubuh mulai diregangkan, Tarik nafas. Kemudian ketika ditahan, bernapaslah seperti biasa. Lalu ketika tubuh akan kembali ke posisi semula, keluarkan nafas. Pastikan Anda bernapas secara perlahan dan teratur.
  • Mandi air panas sebelum melakukan peregangan. Sebelum melakukan peregangan, seperti yang telah diungkapkan di atas, biasakan diri untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hindari melakukan peregangan ketika tubuh dalam keadaan dingin. Misalnya, ketika tubuh sedang berkeringat atau setelah mandi air dingin, pada saat itu otot-otot di tubuh kita sedang kaku dan dingin.

Jika ingin melakukan peregangan, Buatlah tubuh sedikit menghangat. Jika terpaksa harus mandi setelah berolahraga, terutama karena anda basah kuyup oleh keringat sehingga tubuh menjadi dingin, cobalah mandi atau berendam di air hangat. Setelah itu barulah melakukan stretching.

Pilihan Redaksi  25 Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering Bercabang dan Rontok

Tips berolahraga agar terhindar dari cedera

Agar olahraga bisa memberikan manfaat dan Bukan sebaliknya, menyebabkan kita celaka atau cedera, kita wajib melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sesuai anjurannya. Selain itu, beberapa hal penting yang perlu Anda ingat sebelum berolahraga di antaranya adalah: gunakanlah pakaian olahraga yang nyaman dan didesain secara khusus untuk olahraga. Belilah baju olahraga yang berkualitas, mudah menyerap keringat, dan tidak menghalangi tubuh dalam melakukan berbagai gerakan. Kemudian Pilihlah juga sepatu olahraga yang didesain atau diciptakan khusus untuk kegiatan ini. Karena berolahraga dengan menggunakan sport shoes bisa mengurangi resiko cedera hingga beberapa puluh persen.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed