oleh

Tips Kecantikan : Manfaat Telur untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kecantikan dan kesehatan tentu menjadi hal penting yang perlu diperhatikan seluruh wanita. Salah satu cara perawatan kecantikan yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan telur. Tak hanya kecantikan, kesehatan dari dalam tubuh mempengaruhi bagaimana diri seseorang terlihat dari luar. Sayangnya, pola makan yang tidak sehat kerap menyebabkan nutrisi tubuh tidak tercukupi.

Padahal pola makan yang tepat tidaklah susah untuk diwujudkan, salah satunya dengan memastikan adanya makanan-makanan bergizi dalam konsumsi harian Anda. Salah satunya adalah telur. Walaupun terkesan sederhana, telur memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan tubuh.

Tidak hanya dapat dimakan langsung, telur dapat diolah menjadi berbagai panganan menyehatkan, dari olahan lauk-pauk hingga makanan ringan dan kue-kuean. Tidak hanya itu, telur ternyata dapat digunakan sebagai produk kecantikan.

Kegunaan telur untuk kecantikan telah lama dikenal. Berasal dari alam, telur tidak memiliki efek samping yang dimiliki produk-produk berbahan kimia. Lantas, bagaimana manfaat telur untuk kecantikan?

Kandungan Nutrisi Telur

Tips Kecantikan : Manfaat Telur untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat telur buat wanita didapat dari kandungan nutrisi didalamnya. Dari sebutir telur, berbagai kandungan mineral dan vitamin memiliki manfaat masing-masing untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Berikut adalah kandungan telur beserta manfaatnya:

Protein

  • Menyusun dan memperbaiki jaringan dan sel tubuh
  • Membentuk dan menjaga kesehatan otot
  • Pertumbuhan rambut dan kuku
  • Mengatasi infeksi
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Zat Besi

  • Mengikat oksigen di dalam sel darah merah
  • Mencegah anemia

Vitamin-vitamin

  • Vitamin A dalam telur menjaga kesehatan kulit dan mata serta membantu penglihatan
  • Vitamin D menguatkan tulang dan gigi serta mengurangi resiko kanker dan penyakit auto-imun
  • Vitamin E berperan sebagai antioksidan untuk menajga kesehatan dan mencegah penyakit
  • Vitamin B12 melindungi tubuh dari resiko penyakit jantung
Pilihan Redaksi  Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat

Folat

  • Membantu pembentukan dan pemeliharaan sel-sel tubuh
  • Melindungi janin dari resiko cacat saat dalam kandungan

Omega-3

  • Menjaga fungsi jantung

Nutrisi Rambut Rusak dengan Masker dari Telur

Tips Kecantikan : Manfaat Telur untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kandungan bermanfaat telur ternyata tidak hanya dapat dimanfaatkan dengan dimakan. Manfaat telur untuk rambut ternyata bisa mengatasi berbagai masalah pada mahkota Anda. Mulai dari rambut kering, berminyak hingga bercabang, dapat diatasi dengan telur. Memanfaatkan telur untuk rambut dapat diolah menjadi masker rambut.

Rusak bercabang dibagian ujung rambut disebabkan oleh kurangnya nutrisi pada rambut. Terutama zat keratin yang menjadi penyusun utama rambut. Bahkan, 70% rambut manusia terdiri dari keratin. Telur bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki rambut kering dan rusak agar menjadi lembut dan lembab. Kocok 2 butir telur hingga berbusa dan tambahkan 2 sendok makan extra virgin olive oil. Pakaikan sebagai masker rambut dan diamkan hingga 30-45 menit lalu bilas hingga bersih.

Masker telur dan minyak zaitun ini akan membuat rambut dan kulit kepala Anda tak lagi kering. Selain itu, resep ini aman digunakan untuk berbagai jenis rambut.

Selain dengan minyak zaitun, Anda dapat membuat masker dengan campuran susu dan madu. Campurkan 2 butir telur, satu sendok makan madu dan dua sendok makan susu hingga merata. Anda dapat mengatur kekentalan masker dari banyaknya susu yang ditambahkan. Masker ini dapat membantu Anda yang mengalami masalah dengan rambut kering.

Putih Telur untuk Kulit

Tidak hanya untuk rambut, jangan sampai Anda melewatkan manfaat putih telur untuk wajah. Manfaat telur untuk kulit dapat memperbaiki tekstur wajah, melembabkan, mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih.

Kuning telur diperkaya asam lemak yang dapat membuat kulit lembab sedangkan putih kulit mengandung albumin, protein yang dapat menjaga kandungan minyak kulit agar tidak berlebih.

Pilihan Redaksi  21 Cara Merawat Kulit Secara Alami dan Tradisional

Kocok dua butir putih telur dan campurkan dengan satu sendok teh air perasan lemon hingga merata. Oleskan pada wajah, biarkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat. Masker putih telur ini dapat membantu Anda untuk menutrisi kulit dan mengencangkan pori-pori wajah.

Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan putih telur? Basahi potongan tisu dengan putih telur, tempelkan dan tunggu hingga kering. Setelah mengering, Tarik secara perlahan dan Anda dapat melihat komedo turut terangkat bersama dengan tisu. Selain itu, Anda dapat mengoleskan putih telur dengan lapisan tipis dibawah mata dan biarkan hingga 10 menit lalu bilas untuk mengatasi kantung mata. Kegunaan manfaat telur untuk masker wajah juga dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya untuk manfaat yang lebih beragam.

Diet Telur Ayam

Tips Kecantikan : Manfaat Telur untuk Kecantikan dan Kesehatan

Tahukan Anda, telur dapat digunakan untuk mengurangi berat badan? Nutrisi yang dikandung di dalam sebutir telur dapat membantu program diet yang sedang Anda lakukan. Manfaat telur untuk diet terletak pada kuning telur yang mengandung vitamin D, vitamin ini berperan penting dalam kesehatan tulang dan imunitas. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D membantu mengurangi lemak perut berlebih dengan konsumsi yang mencukupi.

Telur juga terhitung rendah lemak, satu butir telur berukuran besar hanya mengandung sekitar lima gram lemak, kurang dari 10% total lemak yang dibutuhkan harian. Kandungan 9 asam amino dalam telur juga membantu metabolisme tubuh, terlebih bagi Anda yang menjalani olah tubuh rutin untuk mendapatkan tubuh ideal.

Sehingga, konsumsi telur tidak perlu Anda takuti saat sedang menjalani program pembentukan badan yang ideal. Selama jumlah yang dimakan masih dalam batasan wajar, mengonsumsi telur dapat membantu diet Anda. Jangan sampai, manfaat telur rebus untuk diet Anda lewatkan.

Pilihan Redaksi  Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Pergi ke Laut

Telur Bebek untuk Kesuburan

Tidak hanya telur ayam, manfaat telur bebek ternyata berperan penting bagi kesehatan tubuh. Telur bebek memiliki kandungan B12 yang tinggi dan penting untuk menjaga pembelahan sel dan ovulasi. Konsumsi vitamin B-12 dibawah kebutuhan standar pada wanita dapat mengganggu kesuburan. Telur bebek dapat dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12 dan menjaga kesuburan.

Tidak hanya pada pembentukan sel telur, kandungan selenium dalam telur bebek membantu pada proses pembelahan kromosom saat pembentukan janin. Kesalahan pada pembelahan kromosom inilah yang menajdi pemicu keguguran atau bayi lahir dengan cacat. Dengan mengonsumsi telur bebek.

Tentu saja, konsumsi telur baik untuk kesehatan harus dibarengi dengan pola makan yang teratur dan bergizi. Selain itu, gaya hidup sehat dengan menghindari konsumsi alkohol maupun rokok harus diperhatikan untuk mencapai tubuh yang sehat dan indah.

Tidak lupa pula, olahraga rutin untuk menjaga bentuk tubuh yang ideal dan sehat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed