oleh

Menonton Film Terlalu Lama Bisa Melemahkan Otak

-Kesehatan-2.375 views

 

Menonton Film Terlalu Lama Bisa Melemahkan Otak

Kebiasaan menonton televisi lebih dari tiga setengah jam bisa mengakibatkan penurunan kemampuan otak dalam bahasa dan memory semakin bertambahnya usia.

Jika sobat sekalian seperti kebanyakan orang yang menghabiskan waktu menonton serial film tanpa henti berjam-jam, maka lebih baik mempertimbakan akibatnya bagi otak kalian.

Riset terbaru dari Inggris yang membuktikan jika menonton film rata-rata lebih dari tiga jam sehari bisa mengakibatkan penurunan kemampuan cognitive otak. Riset itu di publikasikan akhir Februari lalu melalui jurnal Scientific Reports.

Peneliti-peneliti memeriksa data dari English Longitudinal Study of Aging dari 3.662 relawan dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun. Relawan memberikan keterangan berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk menonton film setiap hari dan mengukur kemampuan berpikir dan pertimbangan mereka.

Penulis studi melihat pada baseline menonton televisi pada tahun 2008 dan 2009, dan melihat langkah-langkah kognitiv memori dan bahasa mereka enam tahun kemudian pada 2014 dan 2015.

Mereka menemukan pada masa enam tahun, orang yang menonton televisi lebih dari tiga setengah jam setiap hari nya mengalami penurunan yang lebih besar dalam memori verbal.

“Analisa kita menunjukkan orang dewasa yang menonton film kurang dari tiga setengah jam setiap harinya, mengalami rata-rata penurunan memori verbal sekitar 4-5 persen dalam masa 6 tahun. Dibandingkan dengan yang menonton lebih dari tiga setengah jam, mengalami penurunan rata-rata 8-10 persen dalam masa yang sama,” kata pemimpin peneliti DR. Daisy Fancourt, yang merupakan peneliti ahli yang senior di Univercity College London.

Kenapa menonton bisa menurunkan kemampuan otak?

Dr. Fancourt menjelaskan pergantian yang sangat cepat dalam gambar, suara dan aksi yang di proses otak ketika kita secara pasif menerima informasi menjadi alasan utamanya. Karena kita tidak berinteraksi, tidak seperti ketika bermain game atau melakukan riset online. Dia juga menjelaskan kita yang menggunakan alat yang berlayar seperti smartphones, tablets, dan laptop untuk melakukan banyak hal juga terekspos hal yang sama.

Pilihan Redaksi  Cara Merawat Wajah dengan Bahan Alami agar Cantik dan Mulus

Hal yang bisa kita lakukan?

Lakukan hal-hal yang lebih mengasah kemampuan otak seperti bermain teka-teki, catur, puzzle atau belajar hal-hal baru. Aktifitas fisik seperti olah raga juga baik karena hal yang baik untuk jantung juga membantu merawat otak. Kombinasikan waktu kalian untuk aktifitas fisik supaya hidup seimbang. Jangan lupa makan makanan yang sehat juga yah sobat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed