oleh

Kuliner Khas Solo Yang Wajib Di Coba Ketika Jalan-Jalan Ke Sana

BolaBasket.net – Mencicipi makanan khas Solo adalah daya tarik utama dan salah satu aktivitas wajib yang harus kamu lakukan saat liburan ke Kota Batik ini.

Variatifnya makanan khas Solo ini seakan menutupi minimnya spot wisata asyik di kota, yang juga kerap disebut sebagai Surakarta itu. Ya, di Solo, destinasi wisata yang ditawarkan tidak semenarik seperti di Yogyakarta, Semarang dan bahkan Klaten dan Karanganyar sekalipun, yang merupakan ‘kota tetangga’ dari Solo.

Kalau ada rencana untuk berwisata kuliner di Solo, 12 tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk kamu merasakan cita rasa dan makanan khas Solo.

1. Nasi Liwet Khas Solo

Makanan khas Solo yang satu ini memiliki reputasinya tersendiri. Nasi putih yang disajikan dalam pincuk daun pisang bersama dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan telur rebus ditambah sedikit santan kental gurih yang disebut areh ini akan membawa kamu ke dunia yang berbeda.

Salah satu penyaji nasi liwet yang ikonik di Kota Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan penjual nasi liwet Solo lainnya, namun rasanya memang memiliki ciri khas tersendiri.

2. Selat Solo

Selat solo adalah hidangan khas Jawa dengan pengaruh dari Eropa dan merupakan makanan khas Solo. Untuk menikmatinya, kamu bisa menuju ke Warung Selat Mbak Lies.

Lokasinya tersembunyi dan interior warungnya juga unik. Bayangkan rasa yang kamu dapat kala menikmati seporsi sup lengkap dengan wortel, tomat dan buncis, ditambah acar bawang goreng, potongan kentang goreng, irisan telur pindang dan sayur mayones, plus potongan daging bistik. Penasaran seperti apa rasanya, well, kamu harus mencobanya langsung.

Pilihan Redaksi  8 Jenis Martabak Jakarta Yang Bikin Nagih

3. Timlo

Makan timlo di Solo adalah keharusan. Untuk mendapatkan yang terbaik, silakan berkunjung ke Warung Timlo Solo Sastro di wilayah Pasar Gede. Kuliner soto dengan citarasa sup ini menawarkan kesegaran dalam setiap suapan.

Untuk mendapatkan kesan mendalam, materi soto di dalamnya harus kamu cicipi, seperti mie soun, suwiran ayam, potongan sosis Solo, wortel dan irisan telur masak kecap. Tambahkan irisan hati ayam dan telur dadar untuk melengkapi hidangan sebelum kemudian disiram kuah kaldu panas yang menyegarkan. Dengan ditambah bawang goreng sebagai penambah rasa, timlo Solo bakal memuaskan nafsu makan kamu.

4. Sate Buntel

Konon kabarnya presiden kedua Indonesia, Soeharto, sangat menyukai hidangan ini. Bapak Joko Widodo pun juga termasuk salah satu penggemarnya. Jika dua orang paling berpengaruh di tanah air itu saja menyukainya, mengapa kamu tidak mencobanya.

Sate yang terbuat dari daging kambing cacah yang kemudian dibungkus dengan lapisan lemak tipis dan kemudian dibakar, memang memberikan nuansa tersendiri bagi penikmatnya. Lemak pembungkus yang terbakar menambah aroma, yang mengundang kamu untuk segera menikmatinya. Dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan daun kol, serta jeruk nipis dan cabai rawit sebagai tambahan, kamu akan mengetahui alasan mengapa Soeharto dan pak Jokowi begitu menyukai Sate Buntel ini.

Nikmati lezatnya sate buntel di Sate Buntel Mbok Galak kalau sedang berkunjung ke Solo!

5. Tengkleng

Tengkleng memang menjadi salah satu makanan khas Solo yang harus kamu coba, dan tempat yang tepat untuk mereka yang baru pertama mencobanya adalah di Tengkleng Bu Edi. Masakan yang mirip dengan gulai tersebut memiliki kuah yang lebih cair dan berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang melekat. Cara penyajian tengkleng di atas pincuk juga menambah kenikmatan tersendiri. Kamu bisa menyeruput kuah langsung dari pincuknya. Rasanya nikmat banget, lho!

Pilihan Redaksi  Hari Harbolnas, KFC,McDonald's,Pizza Hut,Wendy's Dan Richeese Promo

6. Brambang Asem

Ingin merasakan makanan khas Solo tempoe doeloe, silakan mencicipi Brambang Asem. Seperti namanya, Brambang Asem merupakan makanan yang terbuat dari daun ubi jalar yang direbus, beraroma bawang merah dengan rasa pedas, yang bisa disantap dengan tempe gembus, tempe yang terbuat dari ampas tahu. Brambang Asem bukan merupakan hidangan utama, melainkan camilan untuk menikmati hari.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed