oleh

Kopi Bisa Turunkan Resiko Kanker

-Kesehatan-2.577 views

kopi

Bolabasket.net – Siapa yang tidak mengenal kopi di masa sekarang ini? Minum kopi yang semakin populer pun menjadi gaya hidup banyak orang, terlebih lagi kaum milenial. Mulai jadi pendamping kala nongkrong bersama sahabat, atau pun menemani aktifitas pekerjaan sehari-hari.

Namun bukan hanya menjadi lifestyle tapi minum kopi memiliki khasiatnya tersendiri. Menurut riset, konsumen yang rutin minum setiap harinya memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit berat daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Apakah sobat tahu jika tanggal 11 Maret merupakan Hari Kopi Nasional? Ayo kita simak khasiat-khasiatnya berikut ini.

1.Kopi bagi Kecerdasan Otak

Kandungan kafein didalam kopi ternyata tidak hanya mengurangi dan menghilangkan kantuk. Kafein yang diserap dalam aliran darah bisa bergerak menuju otak.

Menurut riset, kandungan kafein tersebut dapat menghambat neurotransmitter yang berada di otak anda. Hal ini menyebabkan kafein memiliki efek stimulan. Ini juga yang menjadi sumber peningkatan energi, mood, dan bermacam-macam fungsi otak lainnya.

kopi

2.Meningkatkan Kinerja Fisik Kita

Kafein yang terkandung ini juga dapat merangsang sistem-sistem saraf kita dan memberi sinyal kepada sel untuk memecah lemak didalam tubuh kita. Kafein juga dapat merangsang peningkatan kadar adrenalin dalam darah kita. Peningkatan ini berefek meningkatkan kinerja fisik kita sekitar 11-12 persen. Dengan peningkatan kinerja fisik berarti peningkatan produktivitas dalam keseharian kita.

3.Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Seperti yang di sebutkan diatas sebelumnya bahwa peminum kopi memiliki resiko yang lebih rendah terkena penyakit berat. Salah satunya penyakit berat ini adalah Diabetes Tipe 2. Studi yang mengamati bahwa orang-orang yang mengkonsumsinya memiliki resiko 23-50 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak mengkonsumsinya.

Termasuk studi-studi dalam skala besar dengan subjek sebanyak 450 ribu orang menunjukkan mengkonsumsi kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan 7 persen resiko Diabetes Tipe 2.

Pilihan Redaksi  Tips Melakukan Peregangan yang Benar agar Memperoleh Manfaat Untuk Tubuh

4. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Penyakit berat yang bisa diturunkan resikonya jika mengkonsumsi kopi tidak hanya diabetes, kanker juga termasuk salah satunya. Kanker yang resikonya turun jika mengkonsumsinya adalah kanker kolorektal dan kanker hati.

Penyakit kanker hati adalah penyebab kematian ketiga terbesar akibat kanker di seluruh dunia. Sedangkan kanker kolorektal menempati posisi keempat. Kanker kolorektal adalah kanker yang lebih dikenal sebagai kanker usus besar. Riset menunjukkan konsumennya memiliki resiko 40 persen lebih rendah terkena kanker hati. Minum 4 hingga 5 cangkir setiap harinya memiliki resiko 15 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed