oleh

Ketika Orang Ketagihan Berolahraga

-Kesehatan-33 views

Kapan orang melakukan sesuatu yang menyehatkan seperti berolahraga menjadi obsesi yang tidak sehat?

bolabasket.net – Berlari melalui pepohonan, dedaunan yang jatuh berderak di bawah langkah kaki, itulah yang dilakukan Valerie Stephan yang fokus dalam lari paginya.

“Ketika saya berlari, saya merasa seperti saya mencapai sesuatu. Saya menjadi lebih cepat, kuat. Seperti seri dari kemenangan-kemenangan kecil,” ujarnya.

Sepuluh tahun yang lalu, Valerie mulai berlari pagi untuk meningkatkan kebugaran tubuhnya. Ia membuat jadwal berlari 5 km, namun berlanjut hingga ikut kompetisi lomba lari 10 km, bahkan hingga ikutan maraton. Setelah itu ia selalu bangun lebih awal dipagi hari untuk berolah raga, dan memprioritaskan olahraga diatas segalanya.

“Saya mulai menyadari bahwa olahraga mengekang saya, bukan saya yang mengendalikannya. Dan itu menjadi sebuah obsesi saya,” ujarnya.

“Hal itu memiliki dampak yang besar terhadap pekerjaan saya, keluarga saya dan seluruh aspek kehidupan saya. Dan semakin lama olahraga menjadi tidak sehat lagi.”

Ia merasa hubungan dengan teman-teman dekat dan keluarganya semakin menjauh. Hal itu lantaran ia lebih memprioritaskan olahraga ketimbang mereka. Sehingga orang-orang terdekatnya merasa ia yang tidak mau menemui mereka, padahal kenyataannya jika ia tidak menyelesaikan porsi olahraga hari itu maka ia akan merasa sangat bersalah.

Hingga akhirnya sekarang ia mengambil cuti dari pekerjaannya hingga 4 bulan hanya untuk rehabilitasi. Pikirannya terbebani dan ia merasa depresi, dan letih.

Dr Chetna Kang dari The Priory Hospital di London mengatakan bahwa penyakit psikologi ini menjangkiti 3% penduduk dunia, dan meningkat hingga 10% diantara para pelari dengan performa tinggi.

Apa itu Ketagihan Berolahraga (Exercise Addiction)?

Sangat sulit untuk menjelaskan bagaimana dan apa pastinya ketagihan berolahraga itu, dan memang hal tersebut sedang dalam penelitian, dan banyak orang yang memberikan nama sebutan yang berbeda: ketergantungan berolah raga, kewajiban berolahraga dan lainnya.

Pilihan Redaksi  Kopi Bisa Turunkan Resiko Kanker

Memang berolahraga memiliki dampak positif untuk kesehatan mental, namun kelebihan berolahraga akan mendapatkan dampak yang negatif. Dan aplikasi seperti Fitness Tracker dapat membuat anda menjadi terobsesi untuk memenuhi kuota olah raga anda, terutama jika anda adalah seorang perfeksionis.

Ciri kelebihan berolahraga seperti cedera otot ringan, retak karena tekanan tendinitis dan kekebatan tubuh yang lemah. Untuk wanita dapat mengalami “rangkaian atlet wanita” (female athlete triad) yang akan berdampak pada siklus menstruasi, osteoporosis, dan makan yang tidak teratur. Sedangkan pada pria, kebanyakan berolahraga akan mengurangi libidonya.

Gejala Buruk Berhenti Berolahraga Terlalu Sering

Ketika anda mencoba berhenti berolahraga, maka asupan dari Adrenalin dan Endorphins yang biasa anda dapatkan ketika berolah raga akan berkurang. Alhasil anda akan mengalami gelisah, dan membuat anda berusaha untuk berolahraga demi mengurangi perasaan itu.

“Saya merasa sangat gelisah ketika tidak berolahraga. Saya tidak bisa tidur, kepala sakit, dan satu hari tanpa olahraga rasanya hidup di pencara, terkurung,” ujar Valerie sewaktu diwawancari Psikiater.

Sumber Informasi: BBC Health

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed