oleh

Ketagihan Mencicipi Kuliner Terkenal Bernama pelleng

Makanan pelleng sendiri berasal dari Pakpak Bharat , Sumatera Utara. Pelleng sendiri sudah menjadi makanan tradisional yang populer dan diakui oleh Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2019 tepatnya dibulan November silam . Meskipun menjadi salah satu santapan nusantara yang terpopuler namun nama Pelleng masih belum terlalu dikenal di Nusantara dibandingkan dengan makanan tradisional lainnya seperti tuak ataupun sup kepala ikan.

Pelleng
Pelleng

Pelleng sendiri berasal dari menu lontong serta ikan arsik yang berasal dari Medan.Pada saat ini tempat yang menjual menu pelleng sendiri sudah tidak banyak dikarenakan sudah banyak tergerus jaman dan semakin sedikit peminat serta orang yang mengetahui menu makanan pelleng sendiri .Di Jakarta sendiri tidak gampang menemukan penjual pelleng meskipun kalian sudah mencari melalui internet untuk yang berlokasi diseputaran jakarta , itupun adanya dari salah satu surat kabar lokal yang mampu menemukan makanan tersebut pada saat malam penganugerahan Pesona Indonesia 2019 pada akhir November 2019 lalu.

Menu makanan pelleng sendiri disediakan khusus langsung dari Pemkab Pakpak Bharat sumatera utara yang disajikan secara tradisional melalui mangkok plastik kepada setiap tamu undangan yang hadir. Makanan pelleng sendiri sekilas mirip dengan tumpeng akan tetapi pelleng dirasa lebih lengkap karena memiliki kuah bening yang berwarna kekuningan mirip seperti kuah soto yang biasa dijumpai di jakarta.

Review dari yang sudah pernah mencicipi kelleng sendiri adalah faktanya dari tekstur makanan pelleng ini sendiri lebih mirip dengan sebutan nasi tim yang biasa dijumpai di jakarta , agak lembek namun tidak cair serta bahan utamanya sama seperti nasi yaitu dari beras putih yang berhasil di kukus pada suhu tertentu sehingga dirasa cukup.

Pilihan Redaksi  Wang/Huang Ungkap Faktor Kekalahan di Babak Pamungkas BWF World Tour Finals 2019

Sementara itu jika kuah soto mempunyai rasa yang gurih berbeda dengan kuah pelleng yang justru mempunyai rasa asam yang lebih mendominasi karena dibuat dari sari asam cikala dan rempah rempah lainnya seperti daun salam , lengkuas , kunyit , serai serta cabai dan tidak lupa untuk taburan ayam suwir yang gurih diatasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed