oleh

Ini Kasus Wisatawan Terkena Corona Setelah Singgah di Indonesia

-Berita-36 views

bolabasket.net – Baru-baru ini dikabarkan WN Jepang yang positif terinfeksi COVID-19 di Malaysia sempat melakukan perjalanan ke Indonesia. Wanita tersebut berusia 41 tahun dan diketahui bekerja di Malaysia.
Sebelumnya diberitakan tiga WN asing yang juga positif terinfeksi COVID-19 sempat mengunjungi Indonesia. Berikut daftar WN asing positif COVID-19 yang sempat berkunjung ke Indonesia:

1. WN Jepang di Malaysia positif COVID-19, pernah ke Indonesia

Menurut laporan Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, WN Jepang yang positif terinfeksi COVID-19 pada (27/2/2020) ini mengunjungi Indonesia di awal Februari lalu. Meski begitu belum ada informasi lebih lanjut terkait tanggal dan detail riwayat perjalanan WN Jepang tersebut selama ke Indonesia maupun Jepang.

“Tes untuk mendeteksi COVID-19 diambil pada kasus ini dan dikonfirmasi positif pada 27 Februari 2020. Dia sekarang dirawat di bangsal isolasi Rumah Sakit Kuala Lumpur,” kata Dr Noor.

Saat dimintai keterangan terkait WN Jepang tersebut, Sekretaris Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr Achmad Yurianto menegaskan sudah melakukan tracking. “Sudah ditracking (dilacak). Tapi saya belum dapat laporan terkait detailnya. Nanti kalau sudah ada detailnya baru saya bisa share,” jelasnya saat dihubungi detikcom, Minggu (1/3/2020).

2. WN Selandia Baru positif COVID-19, transit di Bali

WN Selandia Baru berusia 60-an tahun yang terinfeksi virus corona baru dikonfirmasi positif pada (28/2/2020). WN tersebut baru tiba di Selandia Baru pada hari Rabu (12/2/2020) dengan penerbangan Emirates EK450 dari Teheran, melalui Bali.

Menanggapi hal ini, Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Kemenkes RI, dr Achmad Yurianto mengatakan pihaknya sedang menelusuri riwayat penerbangan pasien yang bersangkutan. Masih belum bisa dipastikan apakah benar pasien sempat berkunjung ke Bali atau hanya transit di sana.

Pilihan Redaksi  9 Destinasi Romantis di Indonesia, Asyik Banget buat Melamar Si Doi

“Saya sudah berkali-kali menanyakan ke imigrasi. Di Emirates orang Selandia Baru banyak. Di Indonesia apa transit saja, diam saja di bandara atau keluar, atau ke mana, masih belum tahu. Sudah dikabarkan ke imigrasi sedang di tracking,” katanya kepada detikcom, Sabtu (29/2/2020).

3. Pria Jepang positif COVID-19 Pernah berlibur di Bali

Kantor berita NHK melaporkan, seorang pria Jepang positif mengidap COVID-19 sepulang dari Indonesia. Menurut laporan tersebut, pemerintah metropolitan Tokyo mengidentifikasi pria Tokyo ini berusia sekitar 60-an tahun.
Ia diketahui sudah sakit sebelum ke Indonesia. Berdasarkan laporan terbaru dari Kementerian Kesehatan, Sekretaris Direktorat Jenderal Kementerian Kesehatan menjelaskan ia terdiagnosis ‘Sars Corona virus tipe 2 atau SARS-Cov Tipe-2’ setelah berobat di rumah sakit Jepang pada 22 Febuari 2020.

“Di referensi WHO mengatakan bahwa SARS-COV Tipe 2 itu virusnya, Covid-19 itu nama penyakitnya. Kalau mau dibedakan silahkan dibedakan tapi saya juga punya referensi bahwa SARS-COV Tipe 2 merupakan bentuk mutasi gen, bentuk perubahan yang dari penyebab pertama yang dulu disebut 2019-nCoV,” kata dr Yurianto melalui siaran teleconference di Kantor Kemenkes RI, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

4. WN China positif COVID-19, berkunjung ke Bali

Dilaporkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Kota Huainan, Provinsi Anhui, WN China bernama Jin dikabarkan sempat berkunjung ke Bali di akhir Januari lalu. Berdasarkan informasi Pemerintah Provinsi Anhui, Jin disebut terbang ke Bali dari Wuhan pada tanggal 22 Januari. Setelah itu, dia melakukan perjalanan ke Shanghai pada tanggal 28 Januari.

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dr Achmad Yurianto, menyebut melihat tanggal kejadian pihaknya melakukan penelusuran mulai dari tanggal 12 Januari. “22 (Januari) masuk, tetapi saya sisir dari 12 sampai 28 karena data cuma menyebut Jin,” sebutnya.

Pilihan Redaksi  Gembosi APBD, Eks Bupati Simeulue Aceh Dihukum 4,5 Tahun Penjara

Sesuai dengan pernyataan resmi CDC Huainan, pasien disebut terdiagnosa positif pada tanggal 5 Februari. Oleh karena itu Kemenkes memperkirakan pasien terinfeksi sekitar tanggal 27-28 Januari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed