oleh

Ini Adalah 5 Trik Liburan Murah ke Maldives

-Travel-108 views

Maladewa alias Maldives adalah destinasi liburan yang hampir menjadi impian setiap orang. Negara kepulauan dengan luas 298 kilometer persegi ini jadi salah satu negara dengan kunjungan wisatawan terbesar di dunia.

Tidak sekedar menyuguhkan pesona pantai yang indah, lokasi bulan madu pasangan Raisa Andriana-Hamish Daud ini dikenal sebagai tempat liburan paling sehat alias no alcohol. Selain itu, tingkat kesopanan di sana juga tinggi.

Meski jadi impian, hal utama yang terlintas di benak kita saat memikirkan Maladewa adalah biaya liburan yang super duper mahal. Ya, mengingat fasilitas yang disediakan terkesan mewah dan eksklusif. Padahal, liburan ke Maladewa justru bisa murah dan tidak semahal yang kamu pikirkan, lho.

Jika kamu dapat memperoleh informasi yang tepat seperti 5 rahasia berikut ini, kamu bisa mengunjungi Maladewa tanpa harus menjerit soal budget lagi. Penasaran? Langsung dibaca yuk triknya berikut ini.

1. Pilih rute dari Negara Sebrang/Tetangga

Entah mengapa harga tiket langsung dari Indonesia ke negara destinasi liburan seperti Maldives memang selalu menjulang tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus mulai mempertimbangan perjalanan ke sana melalui Singapura atau Malaysia.

Setiap tahun, tentu ada promo murah Indonesia-Singapura. Nah, dari situ kamu bisa manfaatkan melanjutkan penerbangan Singapura-Maladewa. Atau bagi kamu yang tinggal di Batam, akan lebih murah lagi dengan menggunakan kapal fery Batam-Singapura, lalu dilanjutkan dengan penerbangan langsung Maladewa.

Meski cukup memakan waktu, tapi dengan rute ini, dijamin kamu bisa memperoleh harga perjalanan lebih rasional dan sesuai isi kantong, deh.

2. Menginap di pulau terdekat

Sebelumnya berlibur ke Maldives memang memberikan kesan mewah dan mahal. Sebab, liburan ke sana hanya dapat dilakukan jika kamu telah reservasi resort-resort tertentu dengan budget Rp 20-50 juta. Namun sejak 2009, pemerintah Maldives telah mengumumkan bahwa pulau lokal dengan pantai indah lainnya juga bisa menerima wisatawan. Sudah banyak layanan hotel dan guest house di sana.

Pulau lokal yang dapat kamu kunjungi di antaranya Maafushi, Gulhi, dan Guraidhoo. Pulau ini menyediakan layanan hotel yang cukup terjangkau berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 1 juta semalam. Bahkan, menyewa guest house  akan lebih murah kalau kamu patungan bareng teman.

Pilihan Redaksi  10 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Kamu Kunjungi, Bikin Malas Pulang

Menginap di pulau lokal, kamu tetap bisa menikmati pantai pasir putih yang indah dan wahana laut lainnya. Namun, jika kamu tetap menginginkan liburan ala resort mewah dengan budget minimal, kamu bisa mengambil one day tour dengan harga Rp 1,3 juta hingga Rp 3,5 juta.

Perjalanan ini akan membawamu mengunjungi resort mewah selama sehari dan melakukan olahraga air yang dipilih. Kamu dapat berselfie ria di resort indah dan menikmati fasilitas, dari spa hingga gym. Hanya saja kamu tidak boleh menginap.

3. Hindari menukar mata uang Maldives berlebih

 

Mata uang yang digunakan di Maldives adalah rufiyaa. Kedengarannya memang mirip dengan mata uang Indonesia. Satu rufiyaa saat ini senilai dengan Rp 869.  Sebelum berangkat, sebaiknya kamu mengecek nilai tukar mata uangnya telebih dahulu.

Jika ragu dengan nilai tukarnya, kamu lebih baik membawa dollar dari Indonesia, baru kemudian ditukarkan setelah tiba di ibu kota Maldives, yakni Male. Di Male, kamu bisa menukar uang menggunakan ATM atau kartu kredit.

Namun, jangan menukar rufiyaa terlalu banyak. Sebab, jenis uang satu ini susah ditukarkan kembali selain di Maladewa. Kamu bisa tekor sendiri kalau kelebihan rufiyaa, sedangkan liburanmu telah berakhir.

4. Cek jadwal fery di situs resmi pemerintah

Sebagai negara kepulauan, Maladewa telah terbiasa menggunakan kapal fery sebagai moda transportasi utama. Pemerintah sendiri telah mengolah jadwal fery dengan sangat baik di situs resmi mereka.

Dari situs resmi itu, kamu bisa langsung menyocokkan dengan intinerary  yang kamu rancang. Tenang, ongkos kapal fery berkisar 3-4 rufiyaa atau Rp 3.500 untuk sekali perjalanan jarak dekat. Sedangkan jarak jauh, misalnya ke pulau lokal, bisa mencapai Rp 18 ribu.

Pilihan Redaksi  10 Tempat Wisata di Jepara, Surga Tersembunyi di Jawa Tengah

Ketinggalan kapal fery dapat membuatmu over budget. Terlebih pulau tempat kamu mendarat hanya berisi bandara saja. Jadi setelah mendarat, kamu harus segera melakukan perpindahan.

5. Jangan berkunjung di hari Jumat

Sebagai pulau dengan mayoritas penduduk muslim, aktivitas di Maldives saat hari Jumat diliburkan. Beberapa toko akan tutup dan tidak ada aktivitas transportasi sama sekali. Jadi, saat kamu berangkat dari Indonesia, jangan sampai jadwal tibanya jatuh di hari Jumat.

Hal itu akan membuatmu terjebak di bandara atau harus mengeluarkan biaya tambahan untuk hotel transit, sementara sebelum menuju ke pulau lokal yang diinginkan.

Dengan melakukan trik di atas dengan baik, setidaknya perjalanan liburanmu ke Maladewa tidak akan membengkak, apalagi menguras tabungan. Segera cek kalender dan selamat liburan ya. Mumpung Maladewa bebas visa, kesempatan ini gak boleh kamu lewatkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed