oleh

Gerakan Yoga untuk Membuka Pinggul dan Hamstring yang Sempit

Bolabasket.net – Konon, bentuk hubungan (relationship) kita dengan pasangan rahasianya ada di panggul. Walaupun tidak pernah dikaji secara ilmiah, namun banyak yang berpendapat bahwa ada korelasi antara panggul yang sempit dengan kegagalan dalam sebuah hubungan.

Karena, ketika kita mengalami stress, kita akan melibatkan otot emosional dan menyebabkan panggul menjadi kaku dan kencang. Sejak dahulu kala, yoga sudah dipraktekkan untuk mengatasi berbagai masalah fisik maupun mental.

Gambar gembiranya di jaman modern ini sudah di pelajari ada asana (greakan) yoga yang bisa dipraktekan untuk membuka pinggul dan hamstring (tendon) yang sempit, salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan kualitas hubungan antara Anda dan pasangan.

Panggul adalah bagian dari individualitas sekaligus bagian dari seksualitas kita yang tidak hanya berhubungan dengan diri kita secara pribadi, melainkan juga berhubungan dengan orang lain (pasangan).

Gerakan Yoga untuk Membuka Pinggul dan Hamstring yang Sempit

Dikatakan bahwa, panggul dan hamstring yang kaku menyimpan banyak energi negatif yang dapat menyebabkan kita sulit untuk berjalan, berdiri, duduk, hingga melakukan berbagai bentuk latihan. Untuk membuka atau melemaskan otot-otot–agar energi negatif tersebut bisa dirilis, kita bisa mempraktekkan beberapa pose yoga.

Selain manfaat di atas, ada beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan melakukan beberapa pose yoga yang akan dijabarkan pada bagian bawah artikel ini. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut.

  • Menurunkan resiko cedera. Melakukan peregangan pada pinggul dan hamstring sangat baik untuk meminimalisir risiko cedera, terutama jika Anda sering berlari dan melompat. Ketika otot-otot di bagian pinggul dan tendon lebih rileks, maka secara otomatis ketegangan di area lain tubuh kita juga akan ikut berkurang.
  • Mengurangi nyeri dan rasa sakit punggung. Salah satu sumber masalah ketika kita mengalami nyeri punggung adalah, karena hamstring yang kaku. Untuk mengatasinya, cobalah membiasakan diri melakukan peregangan di bagian-bagian tersebut (setiap hari). Jika Anda bisa melakukannya secara konsisten, cepat atau lambat, rasa nyeri dan sakit tersebut akan menghilang.
  • Meningkatkan postur tubuh. “Duduk” adalah kegiatan sehari-hari yang paling sering dan paling lama kita lakukan. Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan sendi dan otot menjadi kaku. Sendi dan otot yang kaku menyebabkan postur tubuh kita menjadi tidak sempurna. Di sisi lain, yoga bisa membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot postural tubuh kita. Dengan rutin melakukan beberapa pose yoga di bawah ini, Anda akan memiliki postur yang lebih baik saat duduk maupun berdiri.
Pilihan Redaksi  Tips Melakukan Peregangan yang Benar agar Memperoleh Manfaat Untuk Tubuh

Khusus bagi Anda yang belum mengenal yoga belum tahu apa saja manfaat gerakan-gerakan yoga yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental, Anda bisa membaca artikel mengenai pengenalan yoga untuk pemula yang akan membantu anda mengenal dan memahami manfaat-manfaat yoga dan berbagai pose-nya.

Yoga Pose atau Gerakan Yoga untuk Melemaskan Otot-Otot di Sekitar Panggul dan Hamstring

Berikut adalah beberapa pose yoga yang bisa dimanfaatkan untuk membuka pinggul dan hamstring. Anda dianjurkan untuk menahan setiap pose selama kurang lebih 1 hingga 2 menit agar otot-otot bisa meregang dengan baik. Dan yang lebih penting, pastikan Anda bernafas secara normal pada setiap pose.

Gerakan Yoga untuk Membuka Pinggul dan Hamstring yang Sempit

Jika Anda merasa kesulitan bernapas di salah satu pose, itu menandakan bahwa Anda perlu rehat ke posisi netral dan coba lagi. Anda tetap harus mendengarkan apa yang dikatakan oleh tubuh Anda dan jangan terlalu memaksakan diri.

Gerakan Yoga High Lunge, Crescent Lunge

Gerakan Yoga untuk Membuka Pinggul dan Hamstring yang Sempit

Asana yoga untuk membuka pinggul dan hamstring sempit yang pertama adalah pose High Lunge/Crescent Lunge. Cara mempraktekkan gerakan yoga ini adalah:

  • Mulailah dari pose Adho Mukha Svanasana (Downward-Facing Dog). Kemudian hembuskan nafas sambil memindahkan kaki kanan ke depan sambil diselaraskan dengan lutut dan tumit. Kaki kiri harus lurus dan kuat.
  • Pastikan lutut kaki kanan tepat berada di atas kaki kanan.
  • Tarik napas kemudian naikkan tubuh agar postur tubuh tegak. Di saat yang bersamaan, angkat tangan ke atas kepala lurus menuju langit selebar bahu. Pastikan telapak tangan saling berhadapan.
  • Lutut kaki kanan tidak boleh condong ke depan, karena dapat menyebabkan beban menumpuk di sekitar lutut.
  • Jika Anda mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan tubuh, pindahkan kaki belakang Anda sedikit keluar, atau ke samping menjauhi tubuh agar Anda lebih seimbang.
Pilihan Redaksi  Cara Merawat Wajah dengan Bahan Alami agar Cantik dan Mulus

Gerakan/Yoga Pose Warrior II

Gerakan Yoga untuk Membuka Pinggul dan Hamstring yang Sempit

Mulailah dengan Mountain Pose, atau buka kaki selebar kurang lebih 1 meter (mengangkang).

  • Putar pergelangan kaki kanan 45° ke arah kanan.
  • Angkat tangan ke samping kiri dan kanan badan hingga sejajar dengan bahu. Pastikan telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Tengokkan kepala 45° ke arah kanan. Pastikan bahu dan kepala dalam posisi rileks.
  • Perlahan, tekuk lutut kaki kanan hingga posisi lutut tepat berada di atas pergelangan kaki kanan.
  • Sebisa mungkin, pastikan badan tetap menghadap ke depan (Mountain Pose).

Gerakan Yoga Reverse Warrior

Gerakan Yoga untuk Membuka Pinggul dan Hamstring yang Sempit

Yoga yang efektif untuk melebarkan tulang pinggul dan tulang hamstring yang sempit adalah Reverse Warior Pose. Untuk memasuki gerakan ini, mulailah dari Pose Warrior II, turunkan tangan kiri ke bagian pinggang, kemudian tarik tangan kanan secara perlahan hingga posisi telapak tangan sejajar dengan lutut kiri.

Tangan kiri, secara perlahan bergeser ke samping atau belakang lutut kiri. Ketika melakukan peregangan, sebaiknya yang meregang tidak hanya area pinggul melainkan juga harus terjadi di sisi tubuh.

Triangle Pose

Gerakan Yoga untuk Membuka Pinggul dan Hamstring yang Sempit

Pose yoga untuk mengatasi panggul yang sempit selanjutnya adalah Triangle Pose. Untuk melakukan gerakan ini, mulailah dari Pose Warrior II, turunkan lengan kanan ke bawah hingga jari-jari tangan menyentuh lantai tepat di samping kaki kanan. Telapak tangan terbuka menghadap depan. Jika Anda merasa sulit untuk menarik jari-jari hingga ke lantai, tidak mengapa jika Anda meletakkannya sedikit lebih tinggi selama Anda merasa nyaman.

Sejajarkan lengan kiri dengan bahu, sehingga lengan kanan dan lengan kiri tetap sejajar. Telapak tangan kiri juga harus menghadap ke depan.

Runner’s Lunge

Gerakan Yoga untuk Membuka Pinggul dan Hamstring yang Sempit

Pose yoga ini sangat efektif untuk menguatkan otot tendon/hamstring. Ada dua cara melakukan pose ini yaitu: Yang pertama,

  • Mulailah dengan menempelkan tangan kiri dan tangan kanan di lantai tepat di sisi kiri dan kanan kaki.
  • Dorong kaki kiri ke belakang sejauh yang Anda bisa dengan tetap mempertahankan lutut kaki kanan menekuk (membentuk siku-siku).
  • Jauhkan pinggang dari bahu agar postur tubuh, mulai dari kepala, punggung, dan kaki kiri terlihat lurus.
  • Jika Anda kesulitan untuk menempelkan telapak tangan di lantai, tidak apa-apa jika Anda meluruskan jari-jari agar ujung jari tetap menempel di lantai.
Pilihan Redaksi  Aneka Makanan Sehat untuk Diet Seimbang Dan Berat Badan Ideal Bagi Kita Semua

Cara yang kedua,

  • Mulailah dari Pose Adho Mukha Svanasana (Downward-Facing Dog), kemudian angkat kaki kanan hingga posisinya sejajar dengan lengan.
  • Lutut kaki kanan harus membentuk siku-siku 45°. Dorong pinggang agar menjauh dari bahu sehingga Anda bisa membentuk postur tubuh yang lurus dari ujung kepala hingga ujung tumit.
  • Jika Anda kesulitan meletakkan kaki kanan langsung di tengah-tengah antara lengan kiri dan lengan kanan, tidak mengapa jika Anda meletakkannya di bawah perut terlebih dahulu. Kemudian, gunakan tangan kanan untuk mengangkat kaki kanan agar posisinya bisa sejajar dengan lengan.

Melakukan berbagai gerakan yoga di atas, yang dapat membantu mengencangkan otot hamstring dan panggul akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki kualitas seks anda dan pasangan.

Selain dengan gerakan-gerakan yoga tersebut, hubungan intim Anda akan semakin mesra jika Anda menggunakan lingerie seksi. Berikut beberapa recommended pakaian tidur dan lingerie seksi berkualitas yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat diri Anda terlihat makin cantik dan mempesona.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed