oleh

Fakta kendaraan Matic yang mungkin belum kamu tahu

Kendaraan matic memang masih menjadi idola pemotor, terbukti banyaknya motor matic mudah ditemukan di setiap jalan. Kemudahan mengendarai dan perawatan yang tidak begitu rumit terutama bagi kaum wanita semakin menjadi pilihan saat ini. Tapi bagaimana dengan biaya perawatannya?Sejak motor matic pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2002 penjualannya terus meningkatjenis motor lain. Dengan design yang semakin kece dan teknologi modern menjadikan motor matic laris manis di pasaran. Tapi tahukah kamu jika motor matic juga memiliki beberapa fakta yang belum banyak di ketahui orang, berikut beberapa fakta yang bisa menjadi referensi wawasanmu.

Fakta 1

Banyak orang beranggapan kalau motor matic Yamaha Mio adalah pelopor mesin ber transmisi CVT, padahal Vespa lebih dulu menghadirkan dan memasarkan Corsa125 pertama di dunia pada tahun 2004, namun sayang Corsa125 di negeri ini kalah bersaing dengan merek lain.

Fakta 2

Mulai sekarang ubah pandanganmu tentang motor matic itu boros bahan bakar, karena sekarang ini dengan semakin canggihnya teknologi yang dibuat oleh pabrikan mereka terus berinovasi agar motor buatannya semakin irit tanpa harus mengorbankan performa. Terbukti dengan perbandingan motor bebek bermesinkan 125 cc dengan motor matic jenis terbaru sama-sama bisa menempuh jarak 45-50 km/liter.

Fakta 3

Fakta ke tiga ternyata body bongsor matic yang semakin gambot ini termasuk dalam kategori ringan bila dibandingkan dengan motor bebek generasi 2000-an.

Fakta kendaraan Matic yang mungkin belum kamu tahu

Fakta 4

Ya tentu saja motor matic yang kita miliki tetap membutuhkan perawatan. Tapi, berbeda dengan motor jenis lain biaya perawatan motor matic ternyata lebih mahal. Salah satu alasan kenapa biaya service dan sparepartnya mahal karena belum banyak bengkel kecil yang memiliki alat lengkap, sedangkan untuk penggantian part misalkan CVT dan roller termasuk bagian yang sulit untuk di bongkar pasang, padahal bagian ini termasuk paling sering di ganti, berbeda dengan motor jenis lain, misalkan men-setting rantai yang kendur amatlah mudah tanpa perlu membongkar beberapa bagian.

Pilihan Redaksi  Boyzone bubar , konser terakhir di Jakarta Malam Ini

Fakta 5

Matic mayoritas masih menggunakan suspensi jenis Monoshock Tunggal jadi tidak disarankan mengangkut beban yang terlalu berat seperti berboncengan bertigaan, bahkan kita seringkali melihat ada matic yang membawa barang bawaan yang terlalu berat. Suspensi jenis ini memang empuk dan nyaman, namun rawan ambles atau memiliki usia pakai yang lebih pendek. Berbeda dengan jenis motor lain yang menggunakan Dual Monoshock dimana secara kekuatan, keseimbangan, dan kekuatan lebih terjamin dan terjaga.

Fakta 6

Motor matic keluaran terbaru seperti kita tahu telah menggunakan teknologi injeksi, jadi buat kamu yang berkeinginan irit soal bensin sebaiknya menggunakan bahan bakar beroktan 92. Teknologi injeksi ini memang harus berdampingan dengan motor matic tujuannya untuk menghasilkan pembakaran yang semakin sempurna. Jadi, penggunaan bahan bakar Premium ternyata justru membuat motor matikmu cepat rusak. Sebab, bensin beroktan rendah akan membuat pembakaran pada mesin motor matic kurang sempurna. Bahan bakar motor pun bukan irit tapi malah menjadi lebih boros.

Fakta 7

Dari sumber yang saya dapatkan bahwa motor matic paling banyak menjadi incaran dan paling mudah dalam hitungan detik untuk di curi. Kasus pencurian yang pernah terungkap cukup signifikan adalah pada saat operasi gabungan Polresta Barelang dan Polsek Jajaran, Bogor.

Fakta 8

Letak mesin matic kita tahu berada di bawah, jadi bagi pemilik motor matic jika akan melintas di daerah jalan banjir sangat tidak disarankan karena kita tahu kosekuensinya motor akan mudah mati mesin.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed