oleh

Cara Mengatasi Leptospirosis Kala Banjir

-Kesehatan-25 views

bolabasket.net – Leptospirosis kerap terjadi ketika banjir. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Leptospira sp yang berasal dari urine hewan pengerat seperti tikus. Bagaimana cara mengatasinya?

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans. Bakteri ini biasanya disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri tersebut, termasuk tikus.

Genangan banjir bisa jadi salah satu penyebaran penyakit leptospirosis. Air genangan banjir ini dapat membawa kencing tikus serta beberapa jenis hewan lain seperti sapi, anjing atau babi.

Leptospirosis pada manusia melalui selaput lendir, mata, hidung, luka pada kulit dan makanan. Ada beberapa gejala yang disebabkan oleh penyakit leptospirosis diantaranya:

  • Mual
  • Muntah
  • Meriang
  • Sakit Kepala
  • Nyeri Otot
  • Diare
  • Kulit atau area putih pada mata menguning
  • Demam
  • Ruam
  • Konjungtivitis

Tidak langsung terjadi, biasanya leptospirosis biasanya menunjukkan gejala secara mendadak dalam waktu 2 minggu setelah penderita terinfeksi.

Akan tetapi untuk penderita yang memiliki sistem imun yang baik, tubuh yang terkena infeksi akan pulih dalam waktu 2 minggu. Namun jika tidak, tubuh akan mengalami penyakit Weil yang menjadi kelanjutan dari penyakit leptospirosis dengan ditandai rasa nyeri dada, tangan dan kaki yang bengkak. Hal yang parah dari efek penyakit ini dapat menyerang organ lain seperti paru-paru (batuk berdarah dan sesak napas), gagal ginjal, gejala meningitis hingga gagal jantung.

Jika hal ini terjadi, infeksi leptospirosis dapat diobati dengan antibiotik untuk membasmi bakteri. Jenis antibiotik yang biasa digunakan adalah penisilin dan doksisiklin. Jangan lupa periksakan diri diri ke dokter ya jika gejala-gejala tersebut muncul.

Untuk pencegahannya, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk menyimpan makanan atau minuman dengan baik supaya terhindar dari tikus. Selain itu, selalu cuci tangan dan kaki dengan sabun setelah membersihkan endapan sisa banjir di rumah hingga selokan.

Pilihan Redaksi  Pertanyaan dan Masalah Ringan Seputar Olahraga yang Harus Anda Cermati

Kamu juga perlu memakai sepatu boots karet tinggi dan sarung tangan jika sedang beraktivitas di genangan air, membasmi tikus di rumah dan membersihkan lantai atau area yang terjamah tikus dengan desinfektan supaya terhindar dari penyakit leptospirosis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed