oleh

Cara Agar Tetap Cantik Sekalipun Anda Sering Terpapar Sinar Matahari

Bolabasket.net – Kulit adalah bagian terluar dari tubuh kita yang perlu dijaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda bisa mencoba beberapa tips yang akan kami sampaikan di bawah. Anda juga perlu menambah pengetahuan seputar cara menjaga kesehatan kulit secara alami melalui artikel yang telah kami tulis sebelumnya.

Salah satu sahabat sekaligus musuh bagi kesehatan kulit adalah “matahari.” Sekalipun bisa memberikan banyak manfaat, namun kita tetap harus waspada terhadap paparan sinar matahari langsung pada jam-jam tertentu ketika matahari sangat terasa sangat panas, misalnya antara jam 10.00 pagi hingga pukul 15.00 sore.

Tapi tidak perlu menghindar dan tidak perlu takut. Justru kita harus bersahabat dengan matahari karena ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan. Setidaknya, matahari adalah sumber vitamin D gratis yang akan menjaga kesehatan tubuh kita.

Sinar matahari juga baik untuk kesehatan jantung, bisa membuat suasana hati jadi lebih baik, mencegah diabetes tipe 2, meningkatkan imunitas, mencegah kekurangan vitamin D, mengurangi resiko terkena kanker, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, menjaga berat badan, hingga bisa mencegah alzheimer dan bisa membantu menjaga kesehatan serta kekuatan tulang.

Tapi sayangnya, beberapa di antara kita justru takut berjalan di bawah sinar matahari karena, takut kulit menghitam dan terlihat gelap. Sayang sekali bukan? Nah, agar Anda tidak lagi takut matahari, ini caranya agar Anda tetap cantik sekalipun sering terpapar sinar matahari.

Gunakan tabir surya

Jika Anda sering bekerja di luar ruangan atau apabila Anda berencana untuk pergi liburan yang akan membuat kulit lebih banyak terkena sinar matahari, Anda perlu menggunakan dan mempersiapkan tabir surya. Tapi sebelum Anda membeli tabir surya, perhatikan formulanya ikuti tips di bawah ini, karena beberapa tabir surya ternyata justru berakibat tidak baik bagi kesehatan kulit.

Cara Agar Tetap Cantik Sekalipun Anda Sering Terpapar Sinar Matahari

Pilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit

Tips yang pertama, pastikan Anda memilih tabir surya yang diformulasikan sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. Entah itu kulit sensitif, kulit kombinasi, atau normal. Salah memilih jenis tabir surya bisa saja menyebabkan kulit mengalami iritasi atau kejadian tidak menyenangkan lainnya. Jadi mulailah lebih selektif dalam memilih produk-produk kesehatan maupun kecantikan kulit.

Pilihan Redaksi  Gerakan Yoga untuk Membuka Pinggul dan Hamstring yang Sempit

Pilih sunscreen yang mengandung UVA dan UVB protection

Kemudian, pilihlah tabir surya yang mengandung formula pelindung UVA dan UVB. Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sebenarnya sinar matahari mengandung sinar ultraviolet seperti, UVA yang dapat memicu penuaan dini, memunculkan kerutan-kerutan halus, dan flek-flek hitam.

Selain UVA matahari juga mengandung UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan bisa memicu terjadinya kanker kulit. Jadi, pastikan Anda memilih produk tabir surya yang bisa melindungi kulit dari kedua sinar ultraviolet tersebut.

Belilah tabir surya yang mengandung antioksidan

Sinar ultraviolet bisa menembus jaringan kulit di tubuh kita. Ketika sinar tersebut menembus kulit, molekul-molekul radikal bebas akan terbentuk dan menyebabkan penuaan dini serta memicu kanker. Melindungi diri dengan tabir surya yang mengandung antioksidan akan sangat membantu dalam mengatasi radikal bebas. Sehingga, kerusakan pada kulit bisa diminimalisir.

Saat liburan, persiapkan juga tabir surya yang mengandung formula water resistant dan waterproof

Apabila Anda berencana untuk berenang di siang hari di kolam renang yang tidak dilengkapi dengan atap atau jika Anda berencana pergi ke pantai, Anda wajib melengkapi diri dengan tabir surya yang mengandung formula water resistant dan waterproof. Mengapa?

Karena tabir surya yang biasa-biasa saja akan mudah terhapus (luntur) apabila terkena air/keringat. Sebaliknya, tabir surya yang memiliki formula water resistant dan waterproof bisa bertahan lebih lama, antara 40-80 menit saat terkena air.

Agar tabir surya bekerja lebih efektif, pastikan Anda menerapkan kembali setiap 1 jam sekali jika berenang. Atau terapkan kembali setelah 2-3 jam jika Anda sering berkeringat.

Tabir surya dengan SPF 30 efektif melindungi kulit selama kurang lebih 450 menit. Karena 1 SPF bisa melindungi kulit dari pengaruh negatif sinar matahari selama 15 menit. Jika dikalkulasikan, 30 x 15 menit akan menghasilkan angka 450 menit.

Pilihan Redaksi  10 Cara Merawat Kuku dan Tips Manicure agar Kuat, Sehat, dan Cantik

Pilih tabir surya yang mengandung formula allergic tested dan hypoallergenic

Mengapa ini penting? Karena kulit yang sensitif terhadap wewangian biasanya akan mengalami reaksi alergi atau gatal-gatal serta efek samping kulit kemerahan apabila menggunakan tabir surya yang mengandung wewangian (fragrance formula).

Kenali jenis kulit Anda

Telah disebutkan di bagian atas, ketika memilih tabir surya, kita juga dianjurkan untuk memilih yang formulanya sesuai dengan jenis kulit yang kita miliki. Berikut adalah tips memilih sunscreen sesuai dengan jenis kulit.

Tabir surya yang cocok untuk kulit sensitif

Sekalipun Anda punya kulit yang sensitif, Anda tetap harus menggunakan tabir surya agar kulit tetap sehat dan cantik sekalipun sering terpapar sinar matahari. Untuk kulit sensitif, pilihlah tabir surya dengan formula allergic tested dan hypo allergenic yang tidak mengandung pewangi. Pilihlah jenis lotion atau gel yang mudah menyerap dan tidak lengket.

Tabir surya yang cocok untuk kulit normal dan cenderung kering

Kulit yang kering agak mudah berkerut. Nama agar kulit tidak mudah mengalami penuaan dini karena kemunculan kerutan-kerutan halus, Anda wajib memilih tabir surya yang mengandung antioksidan dan anti kerut. Jenis tabir surya yang cocok untuk kulit jenis ini adalah tabir surya berjenis cream atau lotion yang banyak mengandung banyak pelembab.

Tabir surya untuk kulit berjerawat dan berminyak

Jika kulit Anda adalah jenis kulit berminyak, hindari memilih tabir surya yang mengandung minyak (oil base). Pilihlah tabir surya jenis gel atau lotion yang memiliki kadar air tinggi. Anda juga dianjurkan untuk menerapkan toner sebelum menerapkan tabir surya agar tingkat penyerapannya lebih maksimal.

Cara melindungi rambut dari bahaya sinar matahari

Tidak hanya kulit yang perlu dilindungi dari berbagai bahaya sinar matahari. Rambut juga perlu dijaga agar tetap sehat dan indah. Untuk mempertahankan kondisi kesehatan rambut, terapkanlah Leave in conditioner di seluruh permukaan rambut setiap 3 jam sekali. Ini akan sangat bermanfaat untuk melindungi rambut dari kekeringan dan dehidrasi, serta membantu rambut terhindar dari perubahan warna akibat sengatan sinar matahari yang panas. Leave in conditioner juga bisa diterapkan sebelum berenang.

Pilihan Redaksi  16 Tips Kecantikan yang Bisa Membuat Anda Cantik Layaknya Bintang Hollywood

Cara mengatasi kulit yang terkena terbakar sinar matahari

Kalau Anda terlanjur berpanas-panasan dan lupa menerapkan tabir surya saat liburan atau traveling karena over exited, jangan khawatir. Karena ada beberapa cara mengatasi kulit terbakar akibat sengatan sinar matahari.

Kulit yang terbakar sinar matahari biasanya akan memunculkan beberapa gejala seperti mengelupas dan kulit terasa perih. Berikut adalah bahan alami yang bisa Anda andalkan untuk mengatasinya.

  • Sediakan 4 buah mentimun berukuran sedang (kemudian blender hingga halus)
  • Tambahkan 2 tetes minyak esensial chamomile
  • Tambahkan dua tetes minyak esensial Tea tree (Oil)
  • Tambahkan 2 tetes minyak esensial lavender
  • Setelah semua tercampur, aduk rata lalu oleskan ke seluruh bagian kulit yang terbakar sinar matahari
  • Setelah itu bungkus dengan kain katun dan biarkan selama 30 menit
  • Setelah 30 menit, basuh dengan air dingin lalu terapkan pelembab setelah dikeringkan dengan handuk

Tips melindungi kulit dari sinar matahari selain dengan menggunakan tabir surya

Cara Agar Tetap Cantik Sekalipun Anda Sering Terpapar Sinar Matahari

Jika tetap ingin tampil gaya dan cantik saat liburan tanpa perlu khawatir kulit terbakar sinar matahari, Anda sebaiknya mengenakan pakaian yang bisa menutupi seluruh tubuh tanpa menepikan kesan gaya dan trendy. Pilihlah pakaian yang seratnya tidak terlalu rapat agar kulit tetap bisa bernafas. Belilah pakaian yang terbuat dari bahan katun yang lembut dan mudah menyerap keringat.

Lihat disini beberapa pakaian cantik yang cocok untuk liburan dan cocok dengan iklim di Indonesia yang cenderung panas.

Untuk melindungi rambut, selain dengan tips di atas, Anda juga bisa melindungi rambut dari sinar matahari dengan menggunakan topi. Topi tidak hanya akan menjaga rambut agar tetap sehat, melainkan juga bisa Anda manfaatkan untuk bergaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed