oleh

Bekas Tambang di Bangka jadi Tempat Wisata Keren

-Travel-155 views

bangka

Pangkalpinang – Di Bangka ada tempat wisata yang lagi ramai dibicarakan masyarakat banyak. Nama tempatnya kampung reklamasi Aik Jangkang, berada di Dusun Sinar Rembulan, Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Pulau Bangka. Untuk sampai tiba di lokasi wisata, kita hanya butuh waktu sekitar 25 menit dari Pangkal Pinang menggunakan kendaraan bermotor.

Tempat wisata ini unik karena eks pertambangan timah di Bangka. Hal ini membuat banyak orang penasaran dan ingin mendatangi lokasi tersebut. Lahan bekas tambang seluas 31 hektar ini bekas PT Timah Tbk. Kini tempat ini disulap menjadi taman rekreasi keluarga dan agrowisata dengan beraneka ragam fasilitas.

Meskipun baru, kawasan ini tidak kalah ramai dengan tempat wisata populer di Bangka lainnya. Di sini para wisatawan di manjakan matanya dengan aneka jenis tanaman hias dan buah-buahan, seperti sayur-sayuran hidroponik, peternakan bioflok ikan lele nan modern, dan juga penelitian tanaman-tanaman lainnya.

Kita juga bisa menyaksikan hewan langka khas bangka belitung yang di lestarikan dengan kandang seperti siamang, rusa, buaya, dan berbagai macam burung. Tempat ini juga jadi spot favorit pengunjung untuk berfoto ria bersama keluarga. Teman-teman bisa melihat foto-foto tempat ini di sosial media. Tau dari media sosial, banyak yang menyebut kampung reklamasi air jangkang, penasaran jadi datang,” jelas Dewi kepada bolabasket.net, Minggu (9/3/2019). Menurutnya hal kreatif seperti ini wajib di dukung masyarakat sekitar, semoga turis lokal semakin mempopulerkan tempat wisata lokal di Indonesia.

bangka

Jika teman-teman ingin merasakan naik motor ATV atau bermain perahu kano disini juga disediakan fasilitasnya teman. Untuk fasilitas penunjang seperti rumah makan, tempat istirahat, WC dan tempat ibadah juga tersedia.

Pilihan Redaksi  4 Cara Asyik Agar Travelingmu Berkesan, Apa Saja?

Direktur Utama PT. Timah Tbk Riza Pahlevi Tabrani menjelaskan, kenapa dinamakan kampung reklamasi karena derah ini dijadikan tujuan tempat wisata nantinya jika sudah rampung pembangunannya. “Kedepan akan dijadikan tempat tujuan wisata baik wisatawan lokal maupun luar,” ujarnya. Ayo teman-teman dukung pengembangan tempat wisata lokal di Indonesia dengan mengunjunginya dan berbagi cerita setelahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed