oleh

Basket SEA Games 2019: Expresi Thailand Setelah Kembali ke Final SEA Games Setelah Puasa Gelar

Partai semifinal pertama basket putra 5v5 mempertemukan antara Basket SEA Games 2019 Thailand dan Vietnam, Senin, 9 Desember 2019. Thailand datang sebagai juara Grup B sementara Vietnam adalah peringkat dua Grup A. Seperti laiknya pertandingan semifinal, gim berlangsung ketat. Timnas Basket Indonesia mengawali SEA Games 2019 dengan kekalahan 76-98 dari Thailand pada laga Grup B di Mall of Asia Arena, Rabu (4/12/2019).

Kedua tim bergantian memimpin 11 kali dan skor sempat berimbang sembilan kali. Namun, keluarnya satu pemain kunci Vietnam di pertengahan kuarter empat dan semakin baiknya akurasi membuat Thailand menutup gim dengan kemenangan tipis 101-95.

Selain dua hal di atas, kedalaman skuat Thailand juga membuat Vietnam kecolongan. Dari bangku cadangan Thailand, total ada sumbangsih 41 poin sementara Vietnam hanya memiliki tambahan dari bangku cadangan sebesar empat poin. Secara total, ada enam pemain Thailand yang mencetak dua digit poin sementara Vietnam hanya empat.

Dua pemain Thailand sama-sama mencetak 19 poin yang merupakan poin terbanyak dalam tim. Bobby Jaisanuk dan Nattakarn Muangboon adalah dua pemain itu. Menariknya, Bobby turun dari bangku cadangan dan total mengemas 19 poin dari 7/10 tembakan selama 27 menit.

Timnas Basket Indonesia sudah tertekan sejak awal kuarter pertama. Thailand mampu tampil dominan dengan keunggulan 34-17.

Pada kuarter kedua, Indonesia coba mengimbangi permainan Thailand. Namun, upaya tersebut masih belum membuahkan hasil, dan Indonesia masih tertinggal 38-55 dari Thailand.

Setelah turun minum, Timnas Basket Indonesia masih kesulitan mengembangkan permainan di laga pertama cabor basket SEA Games 2019. Kuarter ketiga pun ditutup dengan skor 75-61 untuk keunggulan Thailand.

Sementara Nattakarn mencetak 19 poin dan 5 asis selama 26 menit.

Pilihan Redaksi  Schuster - Madrid membayar harga karena tidak menggantikan Ronaldo

Tyler Lamb yang biasanya menjadi top skor Thailand kali ini harus puas dengan 15 poin saja. Namun, ia berhasil menambahkan 10 poin dan 6 asis dalam 34 menit aksinya. Wattana Suttisin menambahkan 14 poin, Chanatip Jakrawan 12 poin, sementara Patiphan Klahan menutup daftar dengan 10 poin plus 7 rebound.

Hasil ini otomatis membuat Thailand melaju ke final SEA Games 2019 dan menanti pemenang antara Indonesia melawan Filipina. Bagi Thailand, ini adalah final pertama mereka sejak 2013. Secara keseluruhan, Thailand telah melaju ke final sebanyak tujuh kali tapi belum sekalipun berujung dengan medali emas.

“Kami gagal keluar dari strategi pertahanan yang mereka terapkan. Kami benar-benar kesulitan untuk mencari cara sepanjang pertandingan,” kata Rajko Toroman usai pertandingan.

Pada laga kedua Grup B SEA Games 2019, Timnas Basket Indonesia akan menghadapi Malaysia, Kamis (5/12/2019). Pelatih Rajko Toroman meminta anak asuhnya untuk segera bangkit dan meraih kemenangan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed