oleh

6 Cemilan Khas Semarang Yang Rugi Kalau Tidak Di Coba Saat Mudik

-Food-126 views

BolaBasket.net – Di Jawa Tengah, ada banyak kota wisata populer, salah satunya Semarang. Selain banyak tempat wisata, juga mempunyai ragam kuliner khas yang lezat. Saking enaknya, banyak orang yang ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Dari sekian banyak kuliner di Semarang, inilah enam yang layak untuk kamu jadikan oleh-oleh.

Lumpia

Perpaduan rebung, udang, telur, daging, dan sebagainya membuat lumpia Semarang sangat banyak peminatnya. Salah satu toko yang tertua berada di Jalan Gang Lombok No. 11, samping Klenteng Tay Kak Sie. Cita rasanya sangat autentik dan masih terjaga hingga sekarang.

Lebih baik memesan lumpia yang sudah digoreng karena lebih awet. Lumpia goreng dapat bertahan hingga tiga hari, sedangkan lumpia basah hanya bertahan 24 jam.

Tahu bakso

Masih seputar gorengan, ada tahu bakso yang gak kalah enak. Ada banyak pilihan dagingnya, seperti sapi, ayam, kepiting, dan bandeng. Salah satu tempat yang terkenal adalah tahu bakso Ibu Pudji, terletak di daerah Ungaran.

Kue leker

Di Semarang, ada salah satu jajanan yang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Sebuah warung kaki lima bernama Leker Paimo, tepatnya ada di Jalan Karanganyar Nomor 37. Saking enaknya, tempat ini selalu ramai dikunjungi hingga harus rela antre panjang.

Harganya dibanderol mulai Rp 4.000 hingga Rp 20 ribu, tergantung varian rasanya. Jika ingin dijadikan oleh-oleh, sebaiknya membeli kulit jenis tipis kering dan disimpan dalam wadah kedap udara agar awet

Wingko babat Khas Semarang

Tak kalah dari lumpia, wingko babat juga menjadi jajanan khas Semarang yang favorit. Banyak pelancong yang tertarik membeli kue berbentuk bulat pipih yang rasanya legit ini. Gak hanya rasa kelapa, wingko babat juga mempunyai varian lainnya, seperti cokelat, nangka, durian, dan sebagainya.

Pilihan Redaksi  Rekomendasi Kuliner Medan Spesial Untuk Anda Coba

Mochi wijen

Berawal dari cita rasa Asia Timur, Semarang pun memiliki mochi yang dipadukan dengan wijen. Dari luar bentuknya seperti onde-onde, tapi teksturnya sangat kenyal. Beberapa rasa yang bisa kamu pilih yakni original dan durian.

Roti ganjel rel

Terakhir, ada roti tradisional khas Semarang yang mulai pudar eksistensinya. Roti yang kerap disebut gambang ini mempunyai ciri khas adanya wijen dan rasa kayu manis. Kamu bisa menemukan “koewih tempo doeloe gandjelrel” tersebut di kawasan pasar Johar, Jalan K.H. Agus Salim atau di Waroeng Semawis.

Nah, itulah enam oleh-oleh khas Semarang yang siap untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sayang banget kalau sudah jauh-jauh ke sana dengan tangan kosong, kan?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed