oleh

5 Tips Saat Naik Kendaraan Umum bagi Solo Traveler, Dijamin Aman

Bepergian seorang diri memang memiliki banyak manfaat. Selain melatihmu menjadi orang yang mandiri, solo traveling juga bisa membuat liburanmu semakin menyenangkan. Sebab kamu bisa mengatur waktu sendiri sehingga bisa datang ke tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi sepuasnya.

Meski memiliki banyak manfaat, ternyata masih ada beberapa orang yang takut melakukan solo traveling dengan alasan keamanan. Apalagi saat naik kendaraan umum sendirian. Mengingat sekarang banyak sekali kejahatan yang terjadi.

Namun, kamu tenang saja. Pasalnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap aman dan nyaman saat menggunakan kendaraan umum sendirian. Yuk, simak tips berikut!

1. Kamu harus tahu tentang kendaraan umum yang akan kamu gunakan

5 Tips Saat Naik Kendaraan Umum bagi Solo Traveler, Dijamin Aman

Sebelum naik kendaraan umum saat liburan sendiri pastikan kamu mengetahui tentang kendaraan tersebut. Misalnya mengenai rute kendaraan. Jangan asal naik kendaraan umum saja tanpa tahu informasinya karena kamu bisa saja merasa bingung di tengah perjalanan. Kebingungan tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh orang yang punya niat jahat, lho.

2. Memilih kendaraan umum yang ramai penumpang

5 Tips Saat Naik Kendaraan Umum bagi Solo Traveler, Dijamin Aman

Jika kamu liburan sendiri pastikan memilih kendaraan umum yang ramai penumpang. Orang yang punya niat jahat tentu akan berpikir dua kali saat ingin melakukan aksinya di tempat ramai. Namun kamu harus tetap tenang meski mereka nekat untuk berbuat jahat, karena setidaknya ada bantuan yang cepat datang sebab banyak orang yang ada di sekitarmu. Dengan begitu, kamu akan merasa aman dan liburanmu tetap nyaman.

3. Usahakan untuk tetap terjaga saat melakukan perjalanan dekat

5 Tips Saat Naik Kendaraan Umum bagi Solo Traveler, Dijamin Aman

Saat naik kendaraan umum dengan jarak dekat, usahakan untuk tetap terjaga. Sebab kamu harus waspada barangkali ada barang yang hilang, mengingat ini adalah kendaraan umum tentu banyak orang dari daerah manapun yang memakainya sehingga keamanannya tak bisa terjamin. Apalagi jika kamu belum hafal jalan, lebih baik tahan rasa ngantukmu daripada tempat tujuanmu terlewat.

Pilihan Redaksi  4 Cara Asyik Agar Travelingmu Berkesan, Apa Saja?

4. Perhatikan kondisi saat kamu ingin naik kendaraan umum

5 Tips Saat Naik Kendaraan Umum bagi Solo Traveler, Dijamin Aman

Saat melakukan solo traveling kamu dituntut untuk melakukan semua hal sendiri. Meski begitu, jangan merasa takut ketika berada di angkutan umum sendirian. Agar tetap merasa aman, kamu harus perhatikan kondisi saat ingin naik kendaraan umum. Waktu pagi hingga sore bisa kamu gunakan untuk naik kendaraan umum. Sebab di waktu tersebut terdapat banyak orang dan minim tindak kejahatan, tidak seperti pada malam hari.

5. Lakukan kegiatan kecil saat naik kendaraan umum

5 Tips Saat Naik Kendaraan Umum bagi Solo Traveler, Dijamin Aman

Saat naik kendaraan umum jangan biarkan pikiranmu kosong. Sebab jika pikiranmu kosong bisa saja orang yang memiliki niat jahat akan memanfaatkan momen tersebut. Kamu bisa mengisi waktu luang di kendaraan umum dengan mendengarkan musik, membaca buku yang kamu bawa, atau ngobrol dengan sesama penumpang.

Itulah 5 tips yang membuatmu tetap aman saat naik kendaraan umum meski melakukan solo traveling. Pastikan kamu menerapkan kelima tips tersebut agar solo traveling-mu berjalan dengan lancar dan nyaman serta kamu tak merasa takut lagi saat ingin naik kendaraan umum sendirian. Semoga membantu!

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed