oleh

3 Pelaku Ditangkap karena Palsukan Sertifikat K3

Dalam prosedur melamar untuk ke sebuah instansi perusahaan Negeri ataupun Swasta tentunya sertifikasi akan menjadi tolak ukur serta pertimbangan dan gambaran seseorang yang akan menjadi calon karyawan oleh para penerima calon karyawan . Seperti salah satunya adalah sertifikasi dari keahlian khusus yaitu Sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau biasa disebut surat K3 .
Sertifikat K3 sendiri memang secara fakta cukup sulit diperoleh dikarenakan ada proses pelatihan terlebih dahulu yang cukup beragam untuk ditempuh sesuai bidang pekerjaan masing masing yang dikelompokan kembali sesuai bidang pekerjaan.

Kemnaker serta Tim Gabungan dari unit Polri sendiri pun menindak lanjuti hal tersebut yang berhasil membekuk ketiga orang yang berprofesi sebagai pemalsu sertifikat K3 tersebut.Dokumen K3 tersebut adalah termasuk dokumen negara dalam bidang ketenagakerjaan.Oleh sebab itu sertifikat K3 tersebut dikeluarkan dari rekomendasi beberapa instansi pemerintah antara lain adalah dengan Kartu Kewenangan / Kartu Lisensi serta Surat Keputusan Penunjukan Ahli Keselamatan serta Kesehatan / SKP AK3.

Dari ketiga tersangka yang berhasil dibekuk oleh divisi polri tersebut dari tempat yang berbeda-beda juga para pelaku berhasil diinterogasi dan mengakui bahwa mereka menjalni peran yang berbeda-beda .Tim gabungan yang dioperasikan oleh Ditreskrimum Polda Sulawesi Tenggara , Ditsrekrimum Polda Metro Jaya , Polres Gresik serta Tim Kemnaker berhasil membekuk ketiga tersangka yakni NH (32) , AYT ( 29) MTN (41)

“Tim gabungan menangkap tiga orang tersangka yang biasa memalsukan dokumen negara serta telah beroperasi selama dua tahun belakangan.” Ungkap Iswandi pada hari Senin 25 November silam di Jakarta.

AYT sendiri ditangkap di Gresik , Jawa Timur pada kamis 14 November.AYT diketahui berperan sebagai pencari korban ataupun sales dengan menggunakan identitas palsu yang mengaku sebagai staff dari Kementerian Ketenagara Kerjaan yang dapat memuluskan proses sertifikasi sang korban agar dapat mendapatkan Sertifikat K3 dan lisensi dengan lebih cepat.
Sementara itu MTN yang ditangkap di Cikarang berperan sebagai pencetak / pembuat sertifikat K3 yang dipesan oleh AYT ketika telah mendapatkan korban nya dari hasil sales nya tersebut.

Pilihan Redaksi  Rui Hachimura akan absen dalam lima pertandingan berikutnya karena cedera pangkal paha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed