oleh

21 Cara Merawat Rambut Agar Cantik Alami

Bolabasket.net – Saat menonton film-film besutan Disney seperti Cinderella atau Rapunzel, selain pakaian yang mereka kenakan, satu hal yang selalu membuat kita terpesona adalah gaya rambut tokoh-tokoh imut tersebut. Mereka terlihat sangat cantik dengan rambut yang panjang, tebal, serta berkilau, terlihat begitu indah. Walaupun yang kita saksikan hanyalah film kartun, namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa kita jumpai di dunia nyata. Di dunia nyata, ada banyak model shampoo yang memang memiliki rambut indah dan sehat serta tebal. Jika Anda tertarik memiliki rambut tebal dan berkilau seperti bintang iklan, Anda bisa membaca rahasia menjaga rambut agar berkilau dan indah yang telah kami tulis sebelumnya atau mencoba 21 cara merawat rambut agar cantik alami berikut ini.

Mulailah memperhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari

21 Cara Merawat Rambut Agar Cantik Alami

Langkah pertama yang paling penting dalam perawatan rambut adalah memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Dua kandungan penting di dalam makanan yang sangat dibutuhkan rambut yaitu zat besi dan protein. Menurut pakar, sel-sel rambut adalah sel yang paling cepat berkembang dalam tubuh kita. Namun, sel-sel tersebut jugalah yang paling cepat terpengaruh apabila kita tidak mengkonsumsi makanan yang tepat, yang mengandung banyak nutrisi.

Jika ingin memiliki rambut yang sehat dan terlihat cantik natural, Anda harus mulai memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, kedelai, buncis, hingga biji labu. Para ahli kesehatan juga menganjurkan kita untuk mengkonsumsi sekitar 12 mg zat besi setiap hari. Selain zat besi, protein juga sangat dibutuhkan karena bisa membantu memperkuat akar rambut. Beberapa sumber protein terbaik di antaranya adalah: keju, susu kedelai kacang, kacang polong, ikan, dan yoghurt.

Seberapa sering Anda mencuci rambut?

21 Cara Merawat Rambut Agar Cantik Alami

Kadang-kadang pertanyaan ini sering menggelayut di pikiran kita. Seberapa sering seharusnya kita mencuci rambut? Menurut para ahli, mencuci rambut tiga kali seminggu adalah yang paling ideal. Sebaliknya, mencuci rambut setiap hari adalah kesalahan. Karena, rambut sebenarnya memiliki minyak alami yang telah dirancang untuk menjaga dan melindungi rambut agar tetap sehat. Jadi, jika kita menggunakan shampoo setiap hari, minyak alami rambut tersebut akan sering terkikis. Lambat laun akan menyebabkan rambut jadi kering, rapuh, dan kehilangan kemilaunya.

Berinvestasilah dengan membeli shampoo berkualitas tinggi

Shampoo merupakan salah satu alat pencuci rambut yang paling ideal dan paling sering kita gunakan untuk menjaga kebersihan rambut. Sayangnya, saat ini ada banyak sampo berkualitas rendah yang beredar di pasaran. Salah satu cirinya adalah, harganya murah. Shampoo-shampoo tersebut, walaupun bisa membersihkan rambut, namun sayangnya tidak banyak mengandung nutrisi dan kadang-kadang justru mengandung bahan-bahan yang dapat membuat rambut mudah rusak.

Pilihan Redaksi  Memilih Baju Wanita Sesuai Bentuk Tubuh agar Kamu Terlihat Makin Cantik

Jika ingin memiliki rambut sehat dan alami, belilah shampoo berkualitas tinggi walaupun harganya agak sedikit mahal, namun hasil yang diberikan akan terasa sepadan.

Mencuci rambut juga bisa dipengaruhi oleh jenis rambut Anda

21 Cara Merawat Rambut Agar Cantik Alami

Menurut dokter kulit bernama Dr. Doris Day. Ia mengatakan bahwa, intensitas mencuci rambut dengan menggunakan shampoo sangat tergantung pada seberapa aktif kulit kepala Anda memproduksi minyak. Umumnya, rambut keriting tidak dianjurkan terlalu sering mencuci rambut. Sebaliknya, memiliki rambut yang lurus akan membuat minyak di kulit kepala lebih cepat turun ke ujung rambut sehingga, mereka pun boleh mencuci rambut (dengan shampoo) lebih sering.

Perhatikan di mana Anda menerapkan shampoo

21 Cara Merawat Rambut Agar Cantik Alami

Menurut salah seorang ahli bernama Mark Townsend. Rambut yang sehat, cantik, dan tampak berkilau bisa dipengaruhi oleh cara menerapkan shampoo dan conditioner ketika mandi. Bukan hanya soal berapa banyak jumlah shampoo yang Anda terapkan ketika mandi, melainkan yang juga penting adalah, di mana Anda menerapkannya?

Masih menurut Mark Townsend, shampoo sebaiknya diterapkan langsung pada kulit kepala saja. Tidak pada ujung rambut atau keseluruhan rambut. Karena dengan sendirinya, ketika Anda akan membilas rambut, shampoo tersebut akan ikut mencuci dan membasahi ujung rambut.

Lakukan pijat kepala secara rutin

Manfaat utama memijat kulit kepala adalah untuk meningkatkan sirkulasi atau aliran darah. Aliran darah yang lancar akan membawa nutrisi yang banyak, sehingga rambut akan menjadi lebih subur dan sehat. Pijat juga sangat bermanfaat untuk mendetoksifikasi kulit kepala.

Hindari mencuci rambut dan kepala dengan menggunakan air hangat atau air panas

Jika Anda terbiasa mandi dengan menggunakan air hangat atau air panas, cobalah untuk tidak mencuci kepala atau rambut langsung dengan menggunakan air panas tersebut. Karena kebiasaan ini dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah kusut. Akibatnya, rambut akan jadi lebih mudah rusak dan kusam.

Perhatikan cara Anda menerapkan conditioner

Menurut hair stylist artis bernama Ted Gibson, 3 hal penting yang harus diperhatikan ketika menerapkan conditioner adalah:

  • Pilihlah hanya conditioner yang berkualitas. Hindari membeli conditioner murahan. Karena biasanya conditioner tersebut minim manfaat dan cenderung merusak
  • Jangan menerapkan conditioner langsung di kulit kepala, karena dapat menyebabkan kepala lebih cepat berminyak
  • Setelah keramas, keringkan terlebih dahulu rambut Anda sebelum menerapkan conditioner. Karena, kelebihan air pada rambut dapat menyebabkan conditional kesulitan menembus batang rambut
Pilihan Redaksi  Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat

Jangan menggunakan sikat rambut pada saat rambut masih basah

Ketika rambut masih basah, hindari menyikat rambut. Karena pada saat itu rambut dalam keadaan rapuh dan rentan terhadap patah/putus. Alih-alih menggunakan sikat rambut, cobalah menggunakan sisir yang terbuat dari besi (metal) dan giginya jarang-jarang, agar rambut tidak mudah rusak atau bergelombang.

Bersihkan sisir atau sikat rambut Anda secara rutin

21 Cara Merawat Rambut Agar Cantik Alami

Jarang membersihkan sisir atau sikat rambut akan menyebabkan kotoran dan bakteri menumpuk di sela-sela sikat maupun sisir tersebut. Lambat laun, hal tersebut akan menyebabkan bakteri berkembang biak dan pindah ke rambut.

Setidaknya, sebulan sekali cucilah sisir atau sikat rambut Anda dengan menggunakan air hangat dan shampoo. Jika perlu, gunakan campuran baking soda dan air hangat untuk menghilangkan bakteri.

Minum cukup air putih

Seperti tubuh, kulit kita yang membutuhkan air agar tetap lembab dan sehat. Dan, begitu juga dengan rambut. Rambut sangat membutuhkan air agar bisa tumbuh dengan subur dan tetap lembab. Minumlah setidaknya 2 liter air setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi dan rambut di kepala juga mendapatkan asupan cairan.

Biasakan menyimpan madu murni di rumah

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu adalah obat alami terbaik untuk berbagai macam penyakit. Termasuk untuk menjaga kesehatan, kesuburan rambut, dan membuatnya jadi lebih berkilau. Madu secara alami memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu menjaga kulit kepala tetap bersih dan terhindar dari ketombe.

Minyak kelapa juga baik untuk menjaga kelembaban rambut

Jika rambut Anda kering, gunakan minyak kelapa murni untuk melembabkannya.

Gunakan sarung bantal berbahan sutra

Salah satu penyebab rambut jadi rusak dan sulit diatur adalah karena sarung bantal yang kita gunakan tidak bagus. Menurut ahli, sarung bantal terbaik untuk menjaga agar rambut mudah diatur dan tidak cepat kusut adalah sarung bantal berbahan sutra.

Kurangi menggunakan alat pemanas atau catok

Apapun jenis alat pemanas atau pengering rambut yang Anda gunakan, termasuk catok, mulai saat ini cobalah untuk menghindarinya. Jika Anda terbiasa menggunakan pengering rambut karena ingin rambut lebih cepat kering, mulai saat ini ubah kebiasaan tersebut dengan mandi lebih awal. Sehingga, Anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengeringkan rambut secara alami.

Gunakan masker rambut yang terbuat dari bahan alami

Setidaknya seminggu sekali, gunakan masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti:

  • Minyak zaitun
  • Minyak biji anggur, dan
  • Alpukat matang
Pilihan Redaksi  Gejala Alergi Kosmetik, Penyebab dan Cara Menghindarinya?

Selain diterapkan secara terpisah, ketiga bahan di atas juga bisa diterapkan secara bersamaan. Mengkobinasikan ketiga bahan tersebut akan sangat bermanfaat untuk menutrisi rambut dari luar.

Hindari mengikat rambut terlalu ketat

Menarik dan mengikat rambut terlalu ketat sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan rambut jadi stres. Jika Anda ingin menghindari agar rambut tidak berantakan ketika bangun di pagi hari, sebaiknya ikat rambut secara longgar sebelum tidur.

Hindari menggosok-gosok rambut dengan menggunakan handuk

Menggosok-gosokkan rambut dengan menggunakan handuk memang bisa membantu mempercepat proses pengeringan. Sayangnya, cara ini lambat laun akan menyebabkan rambut jadi lebih mudah bercabang, kusut, kering, dan bahkan akan mudah rontok dua kali lipat.

Hindari menggunakan terlalu banyak produk perawatan rambut

Saat ini, ada berbagai macam produk perawatan rambut yang dikembangkan oleh perusahaan kosmetik. Namun semakin banyak produk yang Anda gunakan, kadang-kadang hasilnya tidak semakin baik, melainkan sebaliknya, bisa menyebabkan rambut jadi cepat rusak. Itu bisa terjadi karena kandungan berbagai bahan kimia yang terdapat di dalamnya seringkali dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

Sediakan pisang setiap hari di rumah

Selain buah alpukat, buah pisang sangat baik untuk rambut. Pisang banyak mengandung kalium. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan elastisitas dan kesehatan rambut secara alami. Selain dikonsumsi, pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut. Cara memanfaatkannya,

Haluskan pisang hingga membentuk pasta. Kemudian terapkan mulai dari akar rambut hingga ke ujung rambut. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dan bilas dengan shampoo ringan. Perawatan ini bisa membantu menghindari kerusakan dan kering pada rambut.

Merawat rambut dengan tepung jagung atau tepung maizena

Tips merawat rambut menggunakan tepung jagung atau tepung maizena ini adalah point terakhir dari rangkaian 21 cara merawat rambut agar cantik alami. Cara menggunakan tepung maizena untuk merawat rambut adalah, terapkan tepung langsung ke kulit kepala. Kemudian didiamkan selama 10 menit lalu sikat dan bersihkan. Tepung maizena bermanfaat sebagai shampoo kering untuk merawat rambut berminyak.

Tips tampil cantik sempurna

Setelah memiliki kulit yang bersih dan bersinar, wajah yang cantik alami, serta rambut yang berkilau, penampilan Anda akan terlihat makin sempurna jika Anda melengkapinya dengan mengenakan pakaian yang cantik dan trendy. Atau, pakaian-pakaian model terkini yang populer atau sedang hits. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengecek disini beberapa koleksi pakaian wanita cantik berkualitas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed