oleh

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

Memasuki penghujung musim dingin, beberapa daerah di Jepang sudah mulai dipenuhi kuncup bunga sakura. Selain menjadi bunga nasional, ternyata Jepang memang memiliki tradisi saat musim semi yang membuatnya jadi magnet tersendiri bagi para turis. Aktivitas tersebut bernama Hanami.

Ketika waktu mekar tiba, kota-kota di Jepang akan dipenuhi oleh lautan sakura berwarna pink. Orang-orang pun akan berbondong-bondong menyaksikan serta mengagumi keindahannya. Tentu saja tradisi ini memiliki fakta menarik lain yang perlu kamu ketahui. Cek daftar di bawah ini.

1. Hanami memiliki arti “flower viewing” dalam Bahasa Inggris

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

Berasal dari kata “hana miru” dan memiliki terjemahan literal “flower viewing” dalam Bahasa Inggris. Hanami di Jepang mengikutsertakan aktivitas di luar rumah dengan berpiknik sambil mengagumi keindahan bunga sakura. Biasanya bersama keluarga atau orang terkasih lainnya dan masyarakat Jepang sangat menyenangi bunga sakura.

Oleh karena itu ketika musim semi tiba, yang merupakan waktu Hanami, akan banyak dijumpai produk makanan spesial dari food chain terkenal seperti Coca Cola, Starbucks atau McDonald’s yang memiliki rasa bunga sakura. Sementara di taman-taman tempat Hanami dilakukan, akan kamu jumpai berbagai stall makanan layaknya di festival.

2. Tradisi Hanami sudah ada sejak periode Edo

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

Pada zaman dahulu, masyarakat Jepang percaya jika pohon sakura adalah tempat tinggal para dewa sama halnya seperti gunung atau sungai keramat. Karenanya, orang-orang Jepang

Sementara pada era Heian (sekitar tahun 794-1185), banyak golongan aristokrat Jepang mengagumi keindahan sakura dan menumpahkannya dalam bentuk sajak atau syair. Namun baru pada era Edo (tahun 1603-1867), kegiatan berpiknik dan menikmati pemandangan bunga sakura banyak dilakukan.

3. Jepang adalah rumah bagi 600 jenis pohon sakura

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

memperlakukan pohon sakura dengan spesial. Biasanya para petani akan menyerahkan beberapa persembahan sambil berdoa di bawah pohon sakura agar hasil panennya melimpah.

Pilihan Redaksi  7 Tempat Wisata Gratis di Melbourne, Gak Bikin Bokek!

Kamu mungkin tidak sadar, tetapi ada banyak jenis bunga dan pohon sakura. Di Jepang sendiri saja ada kurang lebih 600 jenis yang sudah diakui secara resmi. Mereka dibagi ke dalam kategori “wild” (yang tumbuh di gunung, bukit dan hutan liar) serta kategori “cultivated” yang merupakan hasil silang antara berbagai bunga sakura liar yang berbeda jenis tadi hingga menghasilkan spesies baru.

Jenis bunga yang paling populer adalah Somei Yoshino. Ada juga Shidare-zakura yang dikarakteristikan melalui bentuk dahan mereka yang menggantung dan agak menjuntai. Sementar jenis Kawazu-zakura yang merupakan khas dari wilayah Kawazucho di Shizuoka memiliki mahkota bunga yang lebih besar dari kebanyakan bunga sakura lainnya.

4. Pohon sakura tetap memiliki daun dan befotosintesis

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

Anggapan yang beredar adalah bahwa pohon sakura dipenuhi oleh bunga dan tidak memiliki daun. Persepsi ini salah. Sebenarnya pohon sakura memiliki daun yang tersembunyi dibalik kelopak bunga dan seiring waktu mekar, warna daun tersebut akan berubah menjadi pink seperti warna bunganya.

Selain itu pohon sakura yang ditanam di daerah beriklim tropis berbeda dengan yang ada di wilayah sub-tropis atau beriklim sedang. Pohon sakura yang ditanam di iklim tropis akan berdaun hijau sepanjang tahun, sementara di iklim sedang akan berubah warnanya.

Perbedaan ini bisa kamu temukan jika membandingkan pohon sakura yang ada di Institut Pertanian Bogor dan Surabaya dengan pohon sakura di Jepang atau negara beriklim sedang lainnya.

5. Waktu terbaik untuk menikmati Hanami

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

Waktu mekar bunga sakura ternyata berbeda, tergantung di daerah mana ia berada. Namun biasanya mereka mekar dalam satu garis waktu yang horizontal, mulai dari yang ada di daerah selatan hingga utara. Di wilayah Okinawa, bunga sakura mekar pada akhir Januari hingga pertengahan bulan Februari.

Pilihan Redaksi  Ini Adalah 5 Trik Liburan Murah ke Maldives

Lalu di Kyushu, wilayah Jepang bagian barat dan beberapa daerah regional Kanto, periode mekar bunga sakura dimulai pada bulan Maret hingga April. Disusul wilayah Hokuriku dan Tohoku pada awal April hingga akhir bulan April. Sementara Hokkaido mulai ketika akhir April sampai akhir bulan Mei.

6. Tradisi menggantung lampion saat Yozakura

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

Mekarnya bunga sakura tidak hanya dinikmati ketika siang hari saja, saat malam pun pemandangan pohon dan bunga sakura juga sama indahnya. Disebut Yozakura, kegiatan menikmati bunga sakura yang mekar saat malam hari justru kelihatan lebih mengundang ketertarikan.

Biasanya akan dipasang lampion-lampion di sekeliling dan sekitar pohon sakura agar mampu meneranginya ketika malam hari.

7. Tempat terbaik menyaksikan Hanami

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

Seluruh wilayah Jepang memang menawarkan pemandangan terbaik Hanami, namun ada beberapa tempat yang punya daya tarik tersendiri dan membuat hasil foto yanh diambil di tempat-tempat tersebut kelihatan benar-benar cantik!

Di Tokyo, kamu bisa mendapatkan pemandangan Hanami terbaik di kawasan Sumida atau Asakusa, dekat dengan atraksi turis Tokyo Sky Tree. Bisa juga di Chidori-ga-fuchi yang ada di distrik Chiyoda, kemudian di pinggir sungai Meguro, Taman Nara dan Taman Ueno.

Di Osaka, pemandangan terbaik Hanami bisa kamu dapatkan di Temmabashi, wilayah Kita. Alternatif lainnya adalah di Taman Kema Sakuranomiya serta wilayah Kastil Osaka. Kalau kamu berada di Kyoto, mampirlah ke Taman Maruyama, Kuil Kiyomizu-dera dan Arashiyama.

Sementara Hokkaido punya Taman Goryokaku di Hakodate sebagai tempat terbaik untuk menikmati Hanami serta Taman Moerenuma di Sapporo yang tidak kalah indah.

8. Sikap yang harus kamu perhatikan saat Hanami

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

Hanami memang satu fenomena yang sayang untuk dilewatkan, tapi bukan berarti ketika menyaksikannya kita tidak butuh manner, lho. Ada beberapa sikap dan etika yang harus kita perhatikan. Salah satunya adalah untuk tidak melukai dan merusak batang maupun dahan pohon sakura. Di beberapa daerah, perilaku tersebut bisa kena denda.

Pilihan Redaksi  Internet Emang Berguna Saat Traveling, Ini 4 Buktinya!

Lalu jangan sampai mengganggu wilayah orang yang berpiknik di sebelahmu. Perkirakan seberapa luas yang kamu butuhkan ketika membawa karpet piknik. Yang paling penting, kamu dilarang mabuk dan membuang sampah sembarangan.

9. Signifikansi simbolis bunga sakura ketika Hanami

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

Bunga sakura umumnya memiliki periode mekar tak lebih dari satu minggu. Bagi orang Jepang, hal tersebut memiliki simbol kecantikan yang tidak abadi serta menginspirasi nilai yang disebut “mono no aware”. Kalimat tersebut secara harfiah punya makna bahwa tidak ada sesuatu di dunia ini yang akan berlangsung selamanya.

Jadi, selain sebagai bentuk apresiasi terhadap keindahan bunga sakura, Hanami juga bertujuan untuk mengingatkan diri bahwa hal-hal yang terlihat cantik dan indah pun tidak memiliki jangka waktu yang lama.

10. Tanggal 27 Maret diperingati sebagai “Sakura Day”

10 Fakta Menarik Tentang Hanami, Festival Bunga Sakura di Jepang

Sebenarnya ini mulai populer baru di awal tahun 90-an. Para anak muda di Jepang menggabungkan dua kata dari bunga “sakura” yang melambangkan angka 3 (dari kata “sa”) dan 9 (dari kata “ku”) kemudian mengalikan dua angka tersebut. Sehingga didapat hasil 27.

Selain itu periode mekar bunga sakura juga umumnya terjadi ketika menjelang akhir bulan Maret hingga awal bulan April, jadi tanggal 27 Maret dinilai sebagi waktu yang tepat karena bunga sakura tengah dalam kondisi yang palig cantik.

Nah, itu dia 10 fakta menarik soal Hanami yang perlu kamu tahu. Gimana, jadi ingin segera lihat pemandangan asli bunga sakura yang mekar, ya?s

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed